Nah..!!! Kartu Simcard Bisa Di Unreg

    SAMPIT – Sering kali kita dipusingkan dengan registrasi kartu SIM prabayar. Program registrasi kartu SIM prabayar membuat satu pemilik NIK hanya boleh meregistrasikan tiga nomor kartu SIM prabayar dari satu operator telepon seluler. Kendati begitu, registrasi kartu SIM prabayar tidak menutup kemungkinan pelanggan untuk berganti nomor. Karena pengguna masih bisa berganti nomor dengan catatan, mereka harus melakukan pembatalan registrasi (unregistrasi) di nomor sebelumnya.

    Menurut Wakil Direktur Hutchison Tri Indonesia M. Danny Buldansyah “ Bisa di-unreg yang nomor lamanya. Karena dibatasi registrasi sendiri (self-registration) tiga nomor saja, misal mau ganti nomor lagi bisa, tinggal di-unreg,” ujarnya menyampaikan melalui pesan Whatsapp.

    Danny juga mengatakan, tujuan registrasi kartu SIM prabayar sejatinya mengenali pemilik nomor kartu, bukan membatasi penjualan kartu SIM prabayar. “Penjualan kartu prabayar menjadi terbatas itu dikarenakan akibat perilaku pelanggan, bukan karena registrasi,” tuturnya.

    Danny menjelaskan, setelah nomor pengguna di-unreg, nomor tersebut tidak akan ada lagi terdaftar atas nama NIK yang berangkutan. Kendati demikian, di database masih ada histori atau riwayat bahwa si pemilik NIK pernah meregistrasikan nomor tersebut.

    Cara untuk meng-unreg pun berbeda untuk setiap operator telepon seluler, dimana proses unreg bisa dilakukan lewat smartphone dengan metode yang berbeda. Berikut Berita Sampit sajikan cara unreg kartu prabayar menurut masing-masing operator :

    1. Unreg Nomor TRI
    • Buka laman registrasi.tri.co.id
    • Pilih opsi Unreg
    • Masukkan informasi seperti NIK dan nomor KTP
    • Ikutu prosesnya
    • Pada bagian akhir TRI akan mengirimkan kode khusus via SMS yang harus dimasukkan ke dalam situs.
    1. Unreg Nomor XL/AXIS

    Pengguna XL dan Axis dapat melakukan dial ke *123*4444#. Pastikan nomor yang digunakan adalah nomor yang akan di-unreg. Selain itu pelanggan XL dapat pula menggunakan SMS dengan format UNREG#NoHP# kirim ke 4444.

    1. Unreg Nomor Indosat Ooredoo (IM3)

    Pelanggan Indosat, proses unreg bisa dilakukan lewat SMS dengan format UNREG#NoHP# lalu kirim ke nomor 4444

    1. Unreg Nomor Telkomsel
    • Tekan *4444#
    • Pilih opsi nomor 3
    • Masukkan nomor NIK kamu, klik OK

    Selain lewat menu dial, pengguna juga bisa melakukan unreg lewat SMS. Tuliskan UNREG#NoHP kirim ke 4444. Sebagai contoh UNREG#0811000xxxxx.

    (AS/beritasampit.co.id)