Dimeriahkan Berbagai Budaya, Festival Isen Mulang Tunjukkan Kalteng Sebagai Bumi Pancasila

    KUALA KAPUAS – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangka Hari Jadi ke- 61 Provinsi Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Kabupaten Kapuas berlangsung meriah. Sebab, jumlah pesertanya festival tersebut sangat membludak sehingga antrean terlihat cukup panjang.

    Bahkan yang lebih menarik, dalam festival budaya yang diselenggarakan tiap tahun itu bukan hanya menampilkan budaya asli Dayak. Tetapi juga ada dari budaya Jawa, Bali, hingga Papua. Dimana diketahui, berbagai suku sudah lama hidup berdampingan dengan suku asli Dayak.

    “Ini (Festival Budaya Isen Mulang) sangat meriah dan sangat panjang sekali, dan bukan hanya budaya asli dayak, tapi juga dimeriahkan dari berbagai paguyuban baik dari Jawa, Sunda, Bali, Nusa, Papua, Bugis, Nias, dan lain-lain,” ujar anggota DPR RI Dr H Rahmat Nasution Hamka SH MSi, usai mengjadiri festival budaya tersebut, Rabu (2/5/2018).

    Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, dengan dimeriahkan berbagai budaya, tentu hal ini semakin mengokohkan Kalteng dengan sebutan Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila.

    “Hal ini semakin mengokohkan Kalteng dengan sebutan Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila Tanah Berkah untuk Indonesia Hebat,” ucap Rahmat.

    Apalagi, lanjut dia, tadi dari berbagai lintas tokoh agama juga ikut dalam karnaval/festival.

    “Kita berharap keharmonisan tetap terjaga, karena merupakan modal utama untuk pembangunan ke depan,” tukasnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)