Lomba Kebersihan Lingkungan Mulai Dilakukan Penilaian

    KUALA KAPUAS – Lomba kebersihan lingkungan yang rutin digelar Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas tengah memasuki penilaian.

    Pada, Kamis (3/5/2018) tim penilaian lomba kebersihan yang beranggotakan delapan orang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kapuas, Dinas Kapuas, Kecamatan Selat dan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kapuas mulai turun ke lapangan guna melakukan penilaian.

    Tampak mereka melakukan penilaian dari berbagai item, mulai dari sarana dan prasarana kebersihan sampai kepada partisipasi masyarakat terhadap kebersihan.

    “Kegiatan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan kota menuju Kapuas Barasih (bersih),” ungkap Plt Kepala DPUPRPKP Kapuas Septedy melalui Kabid Pertamanan dan Kebersihan Ahmad Isnaeni kepada sejumlak awak media, Kamis (3/5/2018).

    Lanjutnya, dalam kegiatan penilaian, pihaknya juga sambil melakukan kampanye untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan.

    “Kita imbau masyarakat untuk menanam pohon peneduh dan kita meminta setiap RT ada yang mengkoordinir pembuangan sampah, baik dengan cara iuran atau lainnya,” ujarnya.

    Mengenai hasil dari penilaian hari ini, kebersihan kota membaik dan terus ada peningkatan kebersihan dari tahun lalu. Nanti semua nilai dari tim penilai dikumpulkan dan akan ditentukan pemenangnya.

    “Nanti juara 1-3 mendapat piala tetap dan juara 1 mendapat tambahan piala bergilir Bupati Kapuas. Juga akan memberikan hadiah berupa alat kebersihan kepada seluruh peserta lomba,” terangnya.

    Ditambahkan Isnaeni, untuk penilaian pada setiap kelurahan/desa hanya ada 1-2 RT saja yang dinilai. Nanti tahun depan akan bergantian lagi dengan RT yang lain untuk mendapat penilaian.

    “Jadi setiap tahun kita menilai di tempat berbeda. Tujuannya agar semua wilayah RT terpicu menjaga kebersihan,” tutupnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)