Penerbangan Lion Air JT 787 Rute Makassar – Surabaya Dipastikan Aman

    MAROS – Lion Air member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi bahwa rute Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG) tujuan Bandar Udara Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) yang menggunakan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LFW bernomor JT 787 dalam keadaan layak terbang dan aman (safety). Sabtu, 05/05/18.

    Lion Air memberikan penjelasan terkait gangguan bom (bomb joke) dalam JT 787 yang bersumber dari satu penumpang wanita berinisial ST.

    Kejadian itu berlangsung ketika proses masuk ke pesawat (boarding). ST mengaku ke salah satu awak kabin (flight attendant/ FA) adanya bom dalam barang bawaan, saat akan dimasukkan ke kompartemen kabin.

    Untuk alasan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, pilot beserta seluruh kru berkoordinasi dalam menjalankan tindakan menurut standar penanganan ancaman bom (standard security bomb threat procedures), sehingga dilakukan pengecekan ulang (screening) pada pesawat; 207.

    Penumpang dewasa, tiga anak-anak dan empat bayi; semua barang bawaan serta kargo. Dengan kerjasama yang baik antara kru pesawat, petugas layanan di darat (ground handling) dan petugas keamanan bandar udara (aviation security/ avsec) proses pemeriksaan diselesaikan secara tepat dan benar.

    “Hasilnya tidak ditemukan barang bukti berupa bom dan benda lain yang mencurigakan,” ungkap Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air.

    Lion Air telah menyerahkan ST ke avsec Angkasa Pura I cabang Makassar, otoritas bandar udara beserta pihak berwenang guna menjalani pengamanan dan proses penyelidikan lebih lanjut.

    Penerbangan JT 787 telah diberangkatkan dengan jadwal terbaru pada pukul 18.55 WITA dari jadwal semula pukul 17.35 WITA dan telah mendarat di Juanda pada 19.30 WIB.

    Lion Air menginformasikan, kondisi itu berpotensi menyebabkan delay pada rute dari Surabaya ke Makassar dan Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah (PLW). Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar jaringan penerbangan lainnya tidak terganggu.

    Lion Air Group menghimbau kepada seluruh pelanggan dan masyarakat untuk tidak menyampaikan informasi palsu, bergurau, atau mengaku bawa bom di bandar udara dan di pesawat.

    “Mengacu pada Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan), Semua yang terkait informasi bom baik sungguhan atau bohong akan diproses dan ada sanksi tegas oleh pihak berwajib,” tegasnya.

    Selain itu pihak Lion Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Grup Lion Air serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional.

    “Melalui kesempatan ini, Lion Air Group menghimbau kepada media, pelanggan dan masyarakat, untuk mengetahui perkembangan berikutnya hanya mengacu pada informasi yang diberikan secara resmi oleh Lion Air,” pungkasnya.

    (Rilis/Lion Air/For/Beritasampit.co.id)