Festival Seni Qasidah Ke-V Tingkat Kabupaten Resmi di Buka Pjs Bupati Katingan

    KASONGAN – Pejabat Sementara Bupati (Pjs) Kabupaten Katingan H Suhaemi secara resmi membuka Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-V tingkat Kabupaten Katingan di Gedung Salawah. Sabtu, (5/5/2018) pukul 20.00 WIB.

    Acara pembukaan FSQ ini juga dihadiri, Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Nikodemus, Ketua DPRD kabupaten Katingan Ignatius Mantir Ledie Nusa, serta beberapa kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan, Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah (Lasqi) kabupaten Katingan, Endang Susilawatie.

    FSQ ke-IV ini juga tidak kalah meriah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Karena hampir 13 Kecamatan masing-masing membawa perwakilanya, kecuali Kecamatan Sanaman Mantikei.

    Ketua Panitia FSQ Kabupaten Katingan Drs Mohadi, dalam laporanya mengatakan, “Lomba seni Islami ini akan dipertandingkan, diantaranya cabang lomba qasidah klasik putra dan putri, Seni Hadrah, Bintang Vocalis tingkat anak putra dan putri, Bintang Vocalis remaja putra dan putri, Bintang Vocalis tingkat dewasa putra dan putri, seni fashion putra dan putri,” ucapnya.

    Lanjutnya, Mohadi juga menjelaskan tujuan digelarnya FSQ tersebut untuk melestarikan seni islami dan menangkal seni-seni yang bisa merusak moral anak remaja, khususnyan di Kota Kasongan dan umumnya di dunia Islam.

    “Selain itu untuk mendukung para sanggar seni islami untuk selalu berkiprah agar kesenian islami tetap eksis di tengah era globalisasi yang semakin maju,” timpalnya.

    Sementara itu Pjs Bupati Sahaemi dalam sambutanya menyampaikan, “Melalui kegiatan ini kita akan mencari duta-duta yang akan dipersiapkan untuk mengikuti FSQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lamandau,” terangnya.

    Lanjutnya dengan festival seni budaya Islam ini dengan sayair-syair dan lantunan lagu yang religius harapanya dapat memberikan hal positif dan edukatif guna memotivasi generasi penerus bangsa agar taat terhadap ajaran agama.

    (Bsg/Beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT