4 Unit Panel PLTS di Gondol Maling, Akibatnya Desa Tumbang Kanei Gelap Gulita

    KASONGAN – Kepala Desa Tumbang Kanei, Kecamatan Sanaman Mantikei, Rujianto mengatakan bahwa ada sebanyak empat unit panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang ada di Desa Tumbang Kanei, Kecamatam Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan telah hilang atau dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

    Akibat hilangnya empat unit panel PLTS tersebut mengakibatkan lebih dari 86 rumah penduduk desa itu gelap gulita sejak tiga bulan lalu.

    “Hari ini saya akan melaporkan secara resmi kepada Pjs Bupati Katingan terkait kerusakan PLTS itu yang salah satu penyebabnya karena beberapa perangkat panel PLTS hilang,” terangnya, Kamis (10/5/2018).

    Dirinya menjelaskan, sebelumnya PLTS di desanya menyala 24 jam dan menerangi sebanyak lebih dari 86 rumah penduduk ditambah lampu penerangan jalan umum.

    Pada akhir 2017, PLTS yang berasal dari bantuan APBN ini byarpet, sehingga saat itu hanya menyala malam hari. Sejak tiga bulan terakhir PLTS berhenti menyala karena ada kerusakan alat, seperti aki.

    “Ditambah lagi dengan hilangnya empat unit panel PLTS itu. Sampai sekarang kami tidak tahu siapa pelakunya,” katanya.

    Sebelumnya juga dirinya bersama warga desa sudah melaporkan kepada pihak Polsek Sanaman Mantikei terkait hilangnya empat unit panel PLTS itu.

    Selain itu, rusaknya PLTS Desa Tumbang Kanei tersebut juga sudah diketahui oleh pihak Dinas Pertambangan Provinsi Kalteng. Akibat PLTS tidak bisa difungsikan, membuat warga disana sejak tiga bulan menggunakan lampu teplok untuk penerangan malam hari.

    “Kasihan kepada anak-anak kami yang sekolah, karena kalau belajar menggunakan lampu teplok kurang terang. Dengan harapan pemerintah bisa membantu memperbaiki PLTS, atau ke depannya desa kami bisa teraliri listrik PLN,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT