Plh Bupati Kapuas Resmikan Pasar Teras BRI Nusantara di Desa Bungai Jaya

    KUALA KAPUAS – Plh Bupati Kapuas Rianova meresmikan secara langsung Pasar Teras BRI Nusantara, Gapura Penunjuk Jalan, dan Peralatan Pengolahan Produk Nanas, yang ditandai dengan penguntingan pita serta penandatanganan prasasti, di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Senin (14/5/2018).

    Hadir Wakil Pimpinan Wilayah BRI Banjarmasin Prawoto, Pimpinan Cabang BRI Kapuas Tri Herjuno Nugrahito, Kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas, Camat Basarang, dan undangan lainnya.

    “Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas mengucapkan terima kasih kepada BRI atas dukungan dan partisipasi dalam membantu, baik pembangunan pasar teras BRI Nusantara, gerbang desa, dan penyerahan peralatan pembuatan produk nanas di Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang,” ungkap Rianova.

    Kala itu, pria yang juga menjabat Sekda Kapuas ini menerangkan prioritas pembangunana desa ada beberapa diantaranya Bumdes dan produk unggulan.

    Ia berharap agar desa lain bisa meniru apa yang dilakukan Desa Bungai Jaya yang sudah berhasil memikat Bank BRI dalam Bumdesnya. Juga agar setiap desa bisa memanfaatkan program yang sudah di dukung pemerintah dengan baik.

    “Kami berharap semua desa ketika ada suatu program yang didukung pemerintah dapat digunakan dengan sebaiknya,” ucap Rianova.

    Sementara itu, Kades Bungai Jaya Kadiman menyampaikan, untuk pengembangan Bumdes pihaknya sudah melakukan pelatihan dalam pengolahan nanas, yang tentu juga tidak lepas dari bantuan Corporate social responsibility (CSR) Bank BRI.

    Bahkan, menurutnya, untuk Bumdes Pengolahan Nanas di Desa Tambun Jaya sudah pernah tampil dan diakui sampai di Malaysia.

    “Kami berkeinginan prodak nanas tidak hanya dikenal dari makanan tapi juga bisa memprodak serat daun nanas yang dapat menjadi kerajinan, serta Bumdes ini bisa menghidupkan ekonomi masyarakat dan mengurangi penganguran di desa,” harapnya.

    Masih ditempat yang sama, Wakil Pimpinan Wilayah BRI Banjarmasin Prawoto dan Pimpinan Cabang BRI Kapuas Tri Herjuno Nugrahito juga mengharapkan, apa yang sudah diberikan Bank BRI dapat membantu perekonomian dan mensejahterakan masyarakat.

    Bahkan, Prawoto menyampaikan CSR yang sudah diberikan untuk Desa Bungai Jaya ini bisa dikembangkan untuk desa lain, jika ada usaha yang ingin dilakukan.

    Untuk diketahui, sebelum kegiatan berakhir Wakil Pimpinan Wilayah BRI Banjarmasin Prawoto menyerahkan secara langsung Bantuan CSR program teras BRI Nusantara kepada Plh Bupati Kapuas Rioanova. Kemudian diserahkan kembali kepada Kepala Desa Bungai Jaya.

    (irfan/beritasampit.co.id)