Hadirkan Pancasila Mencegah Terorisme

249

JAKARTA – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengungkapkan menyegarkan budaya Pancasila saat ini, apalagi di tengah maraknya kembali masalah teror dan terorisme, sangat perlu.

“Bila kita melaksanakan Pancasila dengan baik maka masalah teror dan terorisme bisa diatasi. Bisa kita simak pada Sila I Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa, tidak ada agama manapun yang mengajarkan teror dan terorisme,” kata Hidayat dalam Sarasehan Nasional Kebudayaan yang digelar oleh Lembaga Pengkajian MPR (Lemkaji) di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta (15/5).

Baca Juga:   PM Malaysia Mahathir Mohamad Pesan Jangan Asal Terima Produk Barat

Menurutnya, tema Budaya Pancasila sebagai Peradaban Indonesia, sangat penting sebab hari-hari ini dan ke depan perlunya kembali menegaskan Pancasila sebagai budaya bangsa. “Agar Pancasila bisa merasuk ke jiwa seluruh bangsa Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Hidayat mengutip pernyataan Menkopolhukam Wiranto bahwa masalah teror dan terorisme akar masalahnya karena ada kesenjangan sosial dan ekonomi.

“Dalam konteks Pancasila, Sila V, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, maka bila negara ingin memberantas teror dan terorisme secara efektif dan maksimal maka negara harus menghadirikan Sila V. Agar permasalahan yang ada bisa diatasi,” katanya.

Baca Juga:   Pangdam Tanjungpura Jalin Silaturahim Dengan Tokoh Tionghoa di Pontianak

Dalam memasuki tahun politik, kompetisi antar partai politik dan masyarakat terjadi sangat luar biasa. Di sinilah pentingnya budaya Pancasila.

“Bila lupa Pancasila, kita khawatir politik yang terjadi hanya berorientasi jangka pendek, hanya sekadar menang Pilkada dan Pilpres,” ucapnya.

(jan/Beritasampit.co.id)

EDITOR : MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments