Kades Sei Hanyo Junjung Tinggi KIP dalam Mengelola DD

    KUALA KAPUAS – Guna pengelolaan Dana Desa (DD) tepat sasaran dan diketahui seluruh lapisan. Perangkat Desa Sei Hanyo, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas selalu menjunjung tinggi keterbukaan informasi publik (KIP).

    Hal itu terlihat ketika mereka melibatkan seluruh lapisan masyarakat, juga para sarjana pendamping desa, Bhabinkamtibmas, pihak kecamatan, dan lainnya untuk secara langsung meninjau baik lokasi maupun hasil kegiatanya.

    Menurut Kades Sei Hanyo Dinas, peranserta lapisan masyarakat dimaksudkan agar pelaksanaan tersebut dapat benar-benar diketahui oleh seluruh lapisan.

    “Sehingga tidak ada kata atau asumsi bahwa para aparatur desa dalam pengelolaan dana baik DD maupun ADD itu selalu tertutup. Jadi kami komitmen sedari awal untuk transparan terhadap pengelolaan DD, juga ADD,” ujarnya, Minggu (20/5/2018).

    Apalagi, lanjut Dinas, terkait dengan adanya program padat karya yang dianjurkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Desa.

    “Kami aparatur desa Sei Hanyo tidak mau main-main dan benar-benar melaksanakanya, sebab dengan program padat karya tersebut tentu saja dapat menambah penghasilan sendiri bagi masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,” terangnya.

    Ia menambahkan, pada tahun 2018 ini di desanya ada sejumlah program kegiatan. Diantaranya pembangunan jalan lingkungan, rehab beberapa bangunan, serta beberapa bantuan sosial keagamaan dan para lansia.

    “Juga melaksanakan kegiatan organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna dan pemberian insentif bagi aparatur dan guru TK Paud,” tukas Dinas.

    (irfan/beritasampit.co.id)