Unik, Buka Pasar Takjil Ramadan Sekaligus Berbagi Gratis Buah Kurma

    SAMPIT – Ibadah puasa Ramadan telah berjalan, bagi Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dengan menyambut berkahnya Ramadan membuka Pasar Takjil sekaligus berbagi buah kurma gratis kepada pengunjung yang datang.

    Uniknya, pasar takjil Ramadan yang bertempat dipasar Senin samping lapangan sepak bola belum acaranya dibuka, menu serba wadai (Kue) yang dijual dilapak pasar tersebut habis diborong pembeli yang datang.

    Pasar takjil Ramadan merupakan baru yang pertama kali dilaksanakan bagi Kecamatan ini, sebelumnya belum pernah ada. Kecamatan Pulau Hanaut yang keterisolasiannya hanya menggunakan taksi klotok penyeberangan ke ibukota Kecamatan.

    Tentunya, warga Kecamatan dan Desa sekitar yang senang berburu akan menu masakan untuk berbuka. Pastinya, kecamatan menyambut bulan Ramadan menyiapkan tempat khusus berjualan atau pasar takjil Ramadan bagi warganya tersebut.

    Camat Pulau Hanaut, Ir. H Eddy Mashami secara resmi membuka pasar takjil Ramadan bagi warga masyarakatnya yang ingin berburu masakan Ramadan di wilayahnya dengan menempatkan di lokasi pasar Senin kecamatan tersebut.

    Pasar menu khas Ramadan tentunya bagi mereka yang ingin berusaha berkahnya di bulan Ramadan menjual menu kuliner yang kita tampung di pasar ini.

    “Ada 8 unit lapak jualan khas aneka menu kuliner Ramadan yang ditempati. kemungkinan melihat dari ramenya pengunjung, pastinya para penjualnya akan bertambah,” ujarnya kepada beritasampit.co.id, Selasa(22/5/2018) sore.

    Uniknya, sebelum pasar ini dibuka oleh camat, menu masakan khas Ramadan diserbu warga yang datang pada acara pembukaan itu.

    Para ibu-ibu penjualnya pun kawalahan melayani pembelinya yang datang berbondong. Meskipun menu habis diborong masyarakat pembeli, tak membuat mereka kembali dengan tangan yang kosong.

    “Kita juga membagikan buah kurma secara gratis kepada pengunjung yang datang melihat pembukaan pasar takjil Ramadan yang memang sudah kita persiapkan untuk berkahnya Ramadan ini ,” tambah Eddy Mashami.

    Pembukaan pasar takjil Ramadan juga ditandai dengan menabuh gendang oleh bapak Camat Pulau Hanaut disertai unsur muspika, para kades dan tokoh masyarakatnya.

    Ramai pengunjung pada acara pembukaan itu juga dimeriahkan danndihibur oleh group rebana kecamatan Pulau Hanaut dengan nuasa tabuhan alunan irama lagu- lagu islami.

    Masyarakat terus berdatangan melihat pembukaan pasar takjil Ramadan juga mendapatkan pembagian buah kurma gratis dari pemerintahan kecamatan setempat.

    “Kami bangga dengan kinerja pemerintahan sekarang ini yang sangat mengerti akan keinginkan warga masyarakatnya,” kata Udin warga yang turut melihat acara pembukaan pasar Takjil Ramadan tersebut.

    (mar/beritasampit.co.id)