Warga Jangan Main Petasan Sembarangan

    SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Jainudin Karim mengimbau kepada warga agar selama Ramadhan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri tidak main petasan di sembarang tempat.

    “Bukan hanya bagi masyarakat yang tengah melaksanakan ibadah puasa, tetapi juga bagi masyarakat non muslim juga pasti akan terganggu mendengar bunyi petasan,” ujarnya, Rabu (23/5/2018).

    Karim mengatakan, bila masyarakat mengerti akan gangguan membunyikan petasan tentu akan memperkuat nilai toleransi di tengah lingkungan mereka.

    Kalau pun mereka membunyikan petasan, maka diminta tidak membunyikannya di sembarang tempat, apalagi dekat rumah ibadah.

    “Kita meminta aparat kepolisian maupun Satpol PP juga melakukan pengawasan terhadap para penjual petasan, serta menindak tegas apabila ada penjual yang menjual mercon,” katanya.

    Tidak hanya itu, Politisi Gerindra ini juga meminta orangtua agar bisa memberikan penjelasan bagi anaknya tentang bahaya maupun gangguan yang dihasilkan oleh petasan.

    “Jangan sampai para orangtua yang mendorong anaknya dalam memainkan petasan, tentu ini sudah salah dalam hal mendidik mereka,” tegasnya.

    Ditambahkan Karim, selain suaranya yang berisik, petasan juga salah satu penyebab kebakaran yang sulit diantisipasi mengingat percikan api yang timbulkan oleh petasan tersebut.

    (drm/beritasampit.co.id)