Dinkes Kapuas Galakkan Layanan Ketuk Pintu Sehat

    KUALA KAPUAS – Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat. Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas membuat terobosan program, yakni layanan ‘Ketuk Pintu Sehat’.

    Dengan program tersebut, masyarakat tidak hanya mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas saja, melainkan juga di rumah masing-masing. Mengingat petugas kesehatannya aktif melakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah masyarakat.

    Kepala Dinkes Kapuas Apendi mengatakan, layanan ketuk pintu sehat ini sudah berlangsung lebih satu bulan, melibatkan tim dari dinas sendiri, dan petugas Puskesmas.

    “Ada beberapa manfaat dari kegiatan ketuk pintu sehat ini, dimana kami bisa mengetahui langsung masalah kesehatan di masyarakat,” ujarnya kepada beritasampit, belum lama ini.

    Lanjut Aped-sapaan akrabnya, untuk kegiatan ketuk pintu sehat ini, yang baru-baru dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kapuas Tengah. Kegiatan ketuk pintu sehat mereka lakukan dengan cara jemput bola langsung mendatangi masyarakat.

    “Dari kegiatan itu, kebanyakan masalah kesehatan yang dialami masyarakat adalah hipertensi, mag dan penyakit lainnya. Termasuk juga masalah BPJS, dimana kita temukan masih banyak warga yang belum punya BPJS. Karena itu tahun 2019 nanti kita harapkan semua sudah punya BPJS, karena kita tidak lagi pakai Jamkesda, soalnya kalau Jamkesda hanya untuk di puskesmas saja,” ujar Apendi.

    Tambahnya, program ketuk pintu sehat ini telah dilaksanakan di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Selat, Kapuas Timur, Basarang, Kapuas Murung, Kecamatan Timpah, dan Kecamatan Kapuas Tengah.

    (irfan/beritasampit.co.id)