Silaturahmi Ketua MPR dengan ICMI, Hangat 

    JAKARTA – Suasana Silaturahmi di Kediaman Rumah Dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jumat (25/5/18) menjadi hangat saat Tokoh Reformis juga Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta dia jangan didorong untuk terjun dalam politik jelang 2019.

    “Saya sudah kenyang dengan teori politik. Jadi, jangan diberikan soal teori politik. Ibarat ban sudah kempes, ya, kempes saja, jangan digelembungkan lagi atau saya didorong-dorong untuk ke politik 2019,” kata Amien saat diberikan waktu untuk bicara

    Hadir Ketua Umun ICMI Jimly Asshiddiqie juga Azyumardi Azra. Pengamat Politik Siti Zuhro.

    Amin mengutarakan itu ketika Pengamat Politik Siti Zuhro sebelumnya menjadi pembicara memberi semangat agar Amien mau ikut dalam kancah politik 2019 dengan melihat bahwa jika Islam bersatu punya kekuatan.

    Acara buka puasa itu sebagai keynote speaker Azyumardi Azra mengambil tema Islam, Politik dan Pemilu.

    Azyumardi membeberkan disimak kembali kecenderungan politik Indonesia sejak masa reformasi khususnya simbolis Islam atau mungkin juga agama lain dalam politik Indonesia tidak pernah efektif.

    “Sekali lagi dalam Pileg 9 April dan Pilpres 9 Juli 2014, Parpol berazas Islam gagal mengatasi perolehan suara. Bahkan partai berazas Pancasila seperti PKB mampu menaikkan perolehan suara secara signifikan,” ujarnya.

    Sedangkan Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapkan dia mengundang Ikatan ICMI buka puasa bersama karena sekarang sangat diperlukan untuk memperkuat kesatuan umat agar tidak terpecah belah.

    “Apalagi sekarang ini dalam tahun politik diperlukan para cendikiawan Muslim untuk ikut menciptakan suasana yang aman dan mencegah rasa persatuan terganggu,” katanya,

    Menurut Zulkifli sekarang ini diperlukan ICMI sebagai sarana pemersatu para tokoh nasional, baik dalam bingkai agama, politik. Sehingga mencegah tercabik-cabik merah putih.

    “Pada era Pak Harto peran ICMI untuk memersatukan para tokoh antar lintas agama dan berhasil sehingga kerukunan umat beragama berjalan dengan baik. Diharapkan peran ICMI yang sama untuk 2019 nanti,” ujarnya.

    (jan/Beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT