Bingka Kentang, Wadai Termahal di Pasar Ramadan

    KASONGAN – Kue atau wadai bingka merupakan kue basah yang berasal dari Kalimantan Selatan. Wadai ini bertekstur lembut dan terbuat dari bahan dasar seperti telur bebek, santan dan tepung. Sehingga membuat para penikmat ketagihan karena rasa legit dan gurih di lidah.

    Meskipun wadai bingka dari Kalimantan Selatan, tapi kue ini sampai ke Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Katingan. Buktinya saja kue ini ada dijual di pasar saat bulan suci Ramadan di Kota Kasongan.

    “Kue bingka ini banyak rasa pak. Ada rasa Kentang, rasa tape dan nangka. Namun tetap bingka kentanglah yang sangat digemari di masyarakat. Walapun harganya cukup mahal mulai dari Rp 25.000 untuk ukuran sedang hingga Rp 35.000. untuk ukuran besar. Tetap dicari saat bulan puasa,” terang ibu ijah salah seorang penjual bermacam kue di pasar wadai Kasongan.

    Dirinya menjelaskan, Kue bingka menggunakan bahan alami tanpa pengawet, sehingga akan cepat basi apabila tidak dikonsumsi selama 2-3 hari.
    “Jadi kue ini sangat cocok disajikan saat berbuka puasa ditemani kurma yang juga manis rasanya,” singkatnya sambil sibuk melayani pembeli.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT