Truk PT Sinar Mas Terbalik, Sungai Tercemar Masyarakat Dirugikan?

    SAMPIT – Akibat dari tumpahnya minyak kelapa sawit atau CPO masyarakat Desa Cempaka Mulia Barat, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) harus menerima nasib. Alhasil minyak CPO tersebut mencemari sungai sekitar.

    Tumpahan CPO itu terjadi dipingir jalan Tjilik Riwut Km 34 Desa Cempaka Mulia Barat pada Kamis (31/5/ 2018) sekira pukul 09.00 WIB akibat truck terbalik.

    “Yang pastinya pencemaran terjadi di daerah kami. Air sungai dan air PDAM tidak berfungsi akibat tercemar oleh minyak CPO tersebut,” kata Sanda salah satu warga Cempaka Mulia Barat, Kamis (31/5/2018).

    Dari informasi yang dihimpun truk itu dikemudikan Dodi Suliadi (39), minyak CPO itu merupakan milik PT Sinar Mas Kabupaten Gunung Mas yang diangkut melalui transportir PT Satriando Jaya Agropalma.

    Kecelakan yang menyebabkan tumpahnya minyak CPO itu berawal truk yang dibawa Dodi datang dari arah Palangka Raya menuju Sampit, tepat di TKP, ia melihat dari arah berlawanan ada sebuab mobil yang mencoba menyalip.

    Dikarenakana takut akan terjadi tabrakan Dodi membanting stir ke kiri, hingga truknya masuk parit, tepat disamping parit itu ada sungai kecil lalu ia masuk dan terbalik.

    “Jelas dengan adanya kejadian ini kami merasa dirugikan karena tumpahan minyak CPO ini, aktivitas warga lumpuh total,” tutur nya.

    (im/beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT