Ketua DPRD Katingan : Ideologi Pancasila Penting Diajarkan Kembali di Sekolah

    KASONGAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan Ignatius Mantir Ledie Nussa, berharap kedepan untuk seluruh generasi muda agar bisa kembali diajarkan nilai-nilai Pancasila di sekolah -sekolah. Hal itu bagaimana saat jaman dulu sudah pernah diajarkan pendidikan Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (P4) di sekolah.

    “Pendidikan P4 itu maunya agar bisa dikembalikan lah, karena nilai-nilai Pancasila sangat luhur dan dapat membentuk karakter dasar bagi bangsa ini,” terang Mantir saat menghadiri apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Katingan dalam rangka hari Pancasila, baru-baru ini.

    Menurutnya, hampir di rata-rata sekolah kini tidak lagi menjadikan pendidikan Pancasila sebagai tonggak utama untuk membangun kepribadian anak muda. Karena dapat dilihat dengan kurang adanya pengajaran nilai- nilai ideologi Pancasila secara mendalam di sekolah.

    Tidak hanya itu saja, menurutnya, pancasila ini adalah salah satu ideologi yang bisa mempersatukan berbagai suku di Negara Republik Indonesia ini untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Katingan yang berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

    ” Ini juga salah satu pemersatu bangsa ini sebenarnya, karena ideologi Pancasila sebenarnya penjabaran dari pada nilai -nilai agama. Jadi kalau kita bisa melaksanakan dan mengamalkan pancasila itu didalam kehidupan sehari – hari, berarti kita ikut mengamalkan nilai – nilai agama yang kita miliki di dalam kehidupan kita,” singkatnya.

    (ar/beritasampit.co.id)