Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Lepas Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali

    KUBU RAYA – Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, melepas Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri (Satgas Pamtas Yonif) 123/Rajawali, di Makodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (2/6/2018).

    Turut hadir pada pelepasan Danrem 121/Abw, Irdam XII/Tpr, Staf Ahli Pangdam XII/Tpr, LO AL dan LO AU, para Asisten Kasdam XII/Tpr dan Kabalak Kodam XII/Tpr, Asops Danlantamal XII Pontianak, Kadisops Lanud Supadio, Dandim 1207/BS dan Dandim jajaran Korem 121/Abw, serta, Komandan Batalyon beserta segenap Prajurit Yonif 123/Rajawali.

    Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, mengatakan, pelaksanaan tugas operasi Pamtas RI-Malaysia merupakan implementasi terhadap pelaksanaan UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI terutama Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang berbunyi bahwa tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang adalah mengamankan wilayah perbatasan.

    Menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah perbatasan RI-Malaysia selama ini, tentunya kalian telah berbuat semaksimal mungkin untuk meminimalisir jumlah pelanggaran yang terjadi selama bertugas.

    “Keberhasilan dan prestasi yang telah lakukan selama penugasan seperti, menggagalkan iIlegal Trading, illegal Logging serta melalui pendekatan yang telah dilakukan terhadap masyarakat dan tokoh-tokoh yang ada di sekitar Pos Satgas. Terbukti masyarakat dengan sukarela dan ikhlas menyerahkan Senpi dan Muhandak mereka,” kata Panglima Kodam XII/Tanjungpura.

    Selain itu, berhasil menggagalkan peredaran Narkoba jenis sabu-sabu seberat 11,1 gram di daerah Sei Mawang 2 dan Kout,” puji Mayjen TNI Achmad Supriyadi kepada Prajurit Yonif 123/Rajawali yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia, saat pelepasan di Makodam XII/Tanjungpura.

    Lanjut Panglima Kodam XII/Tanjungpura, dengan keberhasilan ini, Yonif 123/Rajawali telah menunjukkan prestasinya selama bertugas di perbatasan. Sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk lebih memantapkan tekad dan semangat juang dalam menyongsong tugas-tugas di masa yang akan datang.

    “Sebagai Prajurit Sapta Marga dan Prajurit profesional harus menyadari, bahwa prestasi yang telah diraih dalam penugasan kiranya dapat dipertanggungjawabkan dan dipertahankan, bahkan prestasi tersebut hendaknya dapat dijadikan pelajaran dan sumber inspirasi untuk melaksanakan tugas lebih baik lagi,” pesan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    Dijelaskannya, Yonif 123/Rajawali telah melaksanakan operasi pengamanan selama kurang lebih 9 bulan di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia sektor Timur yaitu dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga Kabupaten Sanggau.

    “Jaga faktor keamanan, salam kepada keluarga dan selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadan 1439 H kepada seluruh Prajurit Yonif 123/Rajawali, semoga amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini senantiasa selalu mendapatkan ridho dan barokah dari Allah SWT,” tukas Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    (Rilis/Kodamtanjungpura/ForBeritasampit.co.id)