Pers, Ujung Tombak Kedamaian Pilkada

    KUALA KAPUAS – Pj Bupati Kapuas Agus Pramono SSos memgungkapkan, wartawan memiliki peran yang penting dalam mendukung pilkada yang damai dan lancar. Dimana menurutnya, pers merupakan salah satu penentu dalam kedamaian pilkada.

    “Hal ini karena damainya pilkada salah satunya karena penyampaian pemberitaannya yang selalu menyejukkan. Bayangkan saja, jika berita yang dibuat provokatif maka akan menimbulkan kericuhan. Jadi saya pikir, peran pers dalam pilkada itu sebagai salah satu ujung tombak kedamaian pilkada,” papar Agus Pramono, kala menerima kunjungan silaturahmi Pengurus PWI Kabupaten Kapuas di ruang kerja bupati, Rabu (30/5/2018) lalu.

    Dilanjutkan Pramono, wartawan punya peran yang penting dalam lancarnya penyelenggaraan pilkada dengan pemberitaan yang proporsional dan menyejukkan.

    Karena itu, kata dia, wartawan hendaklah dapat berkontribusi dengan pemberitaan yang seimbang yang dapat menyejukkan masyarakat sebagai pembaca ataupun pendengar berita, tanpa provokatif yang dapat memicu suasana menjadi tidak kondusif.

    Selain itu, tambah Pramono, wartawan mampu membuat orang menjadi maju dan berkembang, namun sebaliknya bisa juga membuat orang jatuh dengan pemberitaannya yang ditulis.

    Dirinya selaku Pj Bupati berjanji akan mendukung penuh keberadaan PWI Kabupaten Kapuas baik berupa support moril maupun anggaran. Dia pun berharap insan pers pun juga dapat membuat karya tulis yang berdampak baik bagi pembangunan daerah Kapuas.

    Sementara itu, Ketua PWI Kapuas Sri Hayati mengucapkan terimakasih atas sambutan baik dari Pj Bupati Kapuas. Begitupun dia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemkab Kapuas sejak dulu hingga saat ini.

    “Kami berharap pertemuan ini adalah awal yang baik, untuk terus menjalin kemitraan yang harmonis antara PWI dan pemerintah,” ungkap Sri.

    (irfan/beritasampit.co.id)