Ini Jumlah Dana yang akan Dikeluarkan Pemkab Untuk Cegah Karhutla

    SAMPIT – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), akan menyiapkan dana Rp 42 Milyar untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

    “Kita akan mengeluarkan dana Rp42 Milyar untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kotim,” ucap Seketaris Daerah, Halikinoor, Selasa (5/6/2018).

    Halikinoor menjelaskan, dana yang dikeluarkan itu merupakan dana dari Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi, dan tersebut tidak bisa di gunakan sembarangan, karena ada peraturan baru, dan tersebut bisa di gunakan asalkan di gunakan atau di arahkan untuk Karhutla.

    “Dalam peraturan baru tersebut, dana itu bisa digunakan 50%, dan di Kotim dana tersebut saat ini ada Rp84 milyar, makanya kita menggunakan Rp42 milyar untuk membeli peralatan untuk penanggulangan dan pencegahan,” Jelasnya.

    Halikinoor berharap, dana tersebut bisa diserap dengan baik dan tidak disalahgunkan, agar uang tersebut bisa digunakan untuk membeli peralatan damkar dan untuk penanggulangannya.

    (Put/Beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT