Ketua DPR Bamsoet Berpacu Melawan Waktu

    JKARTA-Dalam dua hari kemarin, Senin (4/6/2018) dan Selasa (5/6/2018) Ketua DPR Bambang Soesatyo dipanggil akrab Bamsoet, pimpinan dewan yang paling aktif menerima tamu di ruang kerjanya bahkan masih sempat menjadi Keynote Speaker di acara ormas.

    Ini acara yang teragenda kadang di luar itu ada lagi seperti menerima kedatangan pimpinan fraksi DPR, kader partai.

    Sehingga ketika dia menyatakan belum bisa memenuhi undangan KPK untuk diminta keterangan dengan datang ke kantor KPK karena harus memenuhi agenda yang sudah ditetapkan dalam beberapa hari sebelum nya. Itu sangat wajar.

    Apalagi jika undangan KPK itu mendadak.

    Apakah Bamsoet memang padat acaranya? Dilihat.dari beberapa hari ini terlihat begitu padat dibandingkan dengan waket DPR lain.

    Tetapi dari kepadatan acara itu, dia masih sempat memberikan rilis kepada wartawan melalui Grup WA wartawan parlemen.

    Materi rilis soal up to date kemarin dan hari ini seperti rencana Gedung DPR dan DPRD mau dibom dan lainnya.

    Soal rilis Bansoet mengenai perkembangan terkini, sudah aktif sejak awal dia menjabat ketua DPR.

    Ini merupakan gaya tersendiri kepimpinanannya dalam mengapresiasi kondisi yang berkembang di publik. Dibandingkan kepemimpinan sebelumnya, tidak rutin memberikan komentar setiap hari lewat rilis.

    Saking padatnya agenda yang harus dilaksanakan seorang Bamsoet. Ini kejadiannya sebelum buian Ramadan, dia pun berusaha menggunakan waktu longgar beberapa menit.untuk bisa bernapas lega menikmati suasana santai yaitu masuk ke ruang wartawan di kumpulan para senior untuk mengopi dan merokok.

    Di sini dia tidak mau komentar soal politik, dia hanya ingin duduk mengopi dan merokok santai. Justru kebalikan, dia minta masukan tentang apa saja yang lepas dari pengamatannya.

    Saat santai itu dia bertanya tentang agenda beberapa msnit ke depan kepada stafnya. Setelah mengetahui masih ada bsberapa menit bisa santai, diapun mengobrol hal yang lucu-lucu sehingga terdengar gelak tawa tidak lagi ada batas protokoler antara pimpinan pejabat negara dengan wartawan.

    Saking akrabnya, pejabat negara ini bicara pun non formal gaya anak muda dengan menggunakan kata gue.

    Bahkan sempat terucap saat mengobrol santai itu tentang padat agenda kerja seorang pimpinan DPR yang setiap hari dari pagi sampai sore banyak tamu harus dia terima.

    Contoh tamu yang diterima.Bangsoet pada bukan Ramadan, Selasa (5/6/2018), dari masyakarat Papua yang mengadu soal tanah adat digunakan untuk landasan pesawat di Sentani Papua.

    Juga tamu soal penyelesaian konflik eksistensi Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) dengan Lembaga Manajemen Kolektif Nasiomal (LMKN)..

    Selain itu masih sempat sebagai keynote speaker di acara SOKSi di luar Gedung DPR.

    Kegiatan rutin Bamsoet ini berlangsung dari Senin sampai Kamis.

    Jadi, tidak heran jika setiap hari ada berita bersumber dari Bamsooet. Karena setiap hari dia punya agenda menerima tamu juga melayangkan rilis melalui grup WA.

    Pertanyaannya, kemana saja waket DPR lain? Mereka punya agenda juga tapi tidak sepadat Bamsoet. Penyebabnya, setiap ormas, lembaga, selalu memilih ingin bertemu ketua dibandingkan wakilnya.

    (jan/beritasampit.co.id)