Waket MPR Mahyudin: Awas  Anak Muda Gampang Disusupi Radikalisme

    JAKARTA-Wakil Ketua MPR Dr. Mahyudin mengingatkan paham radikalisme menyasar kaum muda karena anak-anak muda memiliki semangat yang tinggi dibanding rasio atau pikirannya (logika) sehingga mudah disusupi dan terkontaminasi dengan paham radikalisme.

    “Inilah yang membedakan anak-anak muda dengan orangtua. Paham radikalisme ini sangat berbahaya,” katanya Mahyudin saat menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Forum Pemuda Muslim Bontang, di Bontang, Kalimantan Timur, kemsrin.

    Mahyudin menambahkan anak-anak muda lebih mudah dipengaruhi paham radikalisme dibanding dengan ustad atau ulama.

    “Bagi ulama NU dan Muhammadiyah sudah tidak mempan lagi disusupi paham radikalisme karena sudah menguasai ilmu agama secara menyeluruh,” ujarnya.

    Mahyudin menyebutkan anak-anak muda banyak belajar radikalisme dari internet dan media sosial.

    “Radikalisme sebenarnya adalah mencuci otak. Itu sebabnya radikalisme bisa masuk ke kampus-kampus karena anak muda memiliki semangat yang besar dibanding rationya atau logikanya,” ujar Mahyudin.

    Usai sosialisasi, Mahyudin mengharapkan bidang kemahasiswaan di universitas agar aktif mengawasi dan memontor kegiatan mahasiswa seperti pengajian.

    “Jangan sampai ada pengajian yang tidak sesuai dengan ajaran Islam,” tuturnya.

    Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), lanjut Mahyudin, mempunyai data tentang radikalisme.

    “Saya dengar ada indikasi sekitar 30 persen mahasiswa terkontaminasi paham radikal. Saya kira serahkan saja pada universitas masing-masing untuk mengawasi kegiatan mahasiswa,” katanya.

    Sedangkan adanya Densus 88 yang masuk kampus di Universitas Riau, Mahyudin melihat sebagai pelaksanaan Protap.

    “Wajar Densus bawa senjata ke kampus, karena terorisme mengancam jiwa. Kita tidak perlu dibesar-besarkan. Hal itu situasional dan polisi punya protap untuk menangani masalah terorisme ini,” katanya.

    (jan/beritasampit.co.id)