Sssst, Mau Tahu Ketua DPR Bamsoet Buka Rahasia Gaya Memimpin Dewan?

115

JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) membuka sedikit gayanya memimpin DPR, sehingga nama dewan ini sekarang lebih familiar dan publik mudah mengetahui apa saja kerja anggota DPR.

“Saya ingin setiap kerja anggota DPR mudah disaksikan langsung oleh rakyat seluruh Indonesia dengan hanya membuka hand phone,” kata Bamsoet saat berbincang santai dengan wartawan dalam acara buka bersama di rumah dinasnya Jumat (8/6/2018) lalu.

Caranya agar semua kegiatan diketahui langsung itu dalam waktu dekat membuat program siaran langsung lewat hand phone. Agar nudah diakses rakyat.

“Kalau sekarang ini jika publik ingin mengetahui kegiatan rapat paripurna atau beberapa jenis rapat tinggal buka Facebook ada program live DPR ,” ujarnya.

Nantinya dipermudah tinggal buka hand phone semua kegiatan seperti rapat komisi-komisi bisa ditonton langsung, sehingga akan ketahuan apa saja yang dibicarakan dalam rapat itu,” lanjutnya..

Selain itu setiap anggota juga tidak bisa lagi bohong dengan istri di rumah, bilang lagi ikut rapat di komisi tetapi setelah istrinya melihat di hp pada rapat komisi, suaminya tidak terlihat ada ikut rapat,” katanya bercanda yang diikuti gelak tawa wartawan.

Baca Juga:   Boediono Jadi Tersangka Masih Perdebatan

Tambah Bamsoet, agar terealisasi DPR modern, maka rapat komisi hanya dihadiri staf ahli saja sedangkan anggota berada di ruangan kerja masing-masing memantau lewat CCTV.

Alasan saat rapat di komisi membahas dengan mitra kerja bukan lagi anggota dewan cukup para staf ahlinya saja, sedangkan anggota dewan dapat hasil kesimpulan dan mengerjakan turun ke lapangan. Pola ini yang terjadi di parlemen luar negeri.

Intinya anggota dewan tidak habis waktunya di ruang rapat kerja bahas masalah tapi banyak turun ke lapangan untuk membantu masalah yang dihadapi rakyat di dapilnya

“Suatu saat rapat paripurna mengadakan voting anggota tinggal lewat ruang kerja masing-masing anggota saja melalui komunikasi saluran TV,” ucapnya.

Baca Juga:   Pesan Ketua DPR Bamsoet : Idulfitri Jangan Dikotori oleh Tindakan Anarkis

Sedangkan sekarang ini agar DPR diketahui publik benar kerja dan selalu peduli dengan perkembangan kejadian aktual, Bamsoet menerapkan pola menanggapi isu terkini dengan membuat rilis yang setiap hari jam satu siang sudah disebarkan tidak saja ke grup WA wartawan juga ke pimpinan komisi DPR agar mereka di komisi menindaklanjuti apa yang diminta dirilis itu.

Bamsoet menjelaskan, dirinya menginginkan DPR modern, yaitu sistem kerja yang efisien tetapi berdampak dirasakan oleh rakyat.

Caranya menggunakan peralatan.komunikasi modern seperti setiap kegiatan rapat tidak saja paripurna, rapat komisi, rapat bamus dan lainnya dapat di akses langsung lewat hand phone, sehingga tidak ada lagi materi pembicaraan yang rahasia.

Dari semua kegiatan anggota DPR dapat dipantau publik itu, maka publik bisa mengkritik kepada wakil di pilihnya yang malas hadir, sambungnya.

(jan/Beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments