Tradisi Unik Menjelang Lebaran, Warga Lintas Kabupaten Ramai Datangi Tempat Ini?

219
Keterangan foto : Beginilah jalur jalan Partoe Muksin padat dengan parkiran pengunjung kendaraan roda dua hingga pertigaan jalan H Umar Hasyim, Kelurahan Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Rabu (13/6/2018).

SAMPIT – Menjelang dua hari sebelum datangnya hari raya Idulfitri 1439 Hijriah kawasan pasar H Umar Hasyim memasuki pertigaan antara jalan Partoe Muksin munuju jalan H Umar Hasyim ramai dipadati pengunjung berbelanja.

Tak hanya itu, hingga jalan H Umar Hasyim dibuat para pedagang musiman menggelar barang-barang dagangannya. Mereka yang berjualan pun banyak dari kalangan warga pedagang pasar setempat.

Berbagai aneka macam keperluan buat lebaran mereka persiapan dan tersedia dijual dipasar musiman itu. “Biasa sebelum lebaran du hari ramai pedagang musiman dari warga kita menjual berbagai macam barang buat keperluan menyambut hari Raya Idul Fitri,” ujar Udin warga pedagang pasar setempat.

Kebiasaan warga masyarakat pedagang yang berjualan dengan membuka lapak sepanjang tengah aspal jalan itu menjadikan tradisi setiap tahunnya. Disamping itu, justru meramaikan para pedagang kawasan Pasar H Umar Hasyim, menambah suasana pasar lebih ramai karena membludaknya para pedagang maupun para pengunjung yang berdatangan.

Baca Juga:   Ultah Plt. Sekda Kotim, Ini Doa Khusus Untuk Jhon Krisli Dari Halikinnor

Gelaran sepanjang kawasan jalan itupun mereka poles dengan mendirikan tenda -tenda darurat sekitarnya untuk pelindung dari panasnya sinar matahari.

“Tradisi warga kita yang turut meramaikan kawasan pasar setahun sekali merupakan hal yang lumrah adanya. Mereka berjualan hanya pada H-2 para pengunjung mulai ramai berbelanja hingga hari puncak hari H. Pasar pun jadi jadi semarak hingga pengunjung datang berjejal dan penuh sesak,” kata Hafid , di konter Putra Ponsel di komplek pertokoan Pasar H Umar Hasyim, Rabu (13/6/2018)

Sekadar diketahui, bagi warga masyarakat yang berkendaraan tak bisa memasuki kawasan pasar seperti dipertigaannya. Pengendara parkir hanya di jalan Partoe Muksin sampai persimpangan empat kawasan jalan AMD Manunggal lV dan Jalan Dwi Kora Kelurahan Basirih Hilir.

Baca Juga:   Instansi Terkait Tak Serius Atasi Lampu Taman Kota Sampit

Bagi warga pendatang yang memiliki keluarga di kawasan Kelurahan Samuda Kota dan sekitarnya, hanya bisa melewati persimpangan jalan AMD Manunggal lV, dan terus melewati jalan Famili maupun Jalan H Abdullah Sidik.

Pasar modern H Umar Hasyim, Samuda, kawasan pasar yang terbilang ramai dan strategis karena ramai pengunjung atau pembeli yang berdatangan dari berbagai penjuru setiap harinya.

Pasar itu juga kebanggaan warga masyarakat sebelah selatan Kabupaten Kotim, seperti, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Pulau Hanaut, Teluk Sampit. Bahkan hingga daerah Katingan Mendawai, Kabupaten Katingan turut berbelanja di Pasar itu.

(mar/beritasampit.co.id).

EDITOR : MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments