Kapal Laut Menjadi Angkutan yang Paling Banyak di Minati Para Pemudik di Kobar, Ini Buktinya!!

    PANGKALAN BUN – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah mengatakan di Pelabuhan Panglima Utar Kumai masih melayani, angkutan lebaran, hal itu membuktikan angkutan lebaran melalui laut masih sangat tinggi.

    Hal tersebut disampaikan Hj Nurhidayah kepada wartawan saat sidak ke Pelabuhan H-2 Rabu (13/6/2018), didampingi suaminya HM Ruslan AS dan Kepala Dinas Perhubungan Kobar Petrus Rinda serta Kepala KSOP Kumai Capt Wahyu Prihanto.

    Menurut Bupati pihaknya melakukan sidak ini untuk memastikan kelancaran arus mudik melalui jalur laut ini, apakah banyak penumpangnya yang mudik. ”Dan ternyata, arus mudik penumpang masih banyak dan lancar terangkut semuanya,” ujar Hj Nurhidayah.

    Dalam sidaknya pun, orang nomor satu di Bumi Marunting Batu Aji ini langsung meninjau ke atas KM Egon yang mengangkut pemudik ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan jumlah penumpang 708 dan berdialog dengan para penumpang serta Capten Kapalnya.

    Bupati mengakui untuk sarana dan prasarana dalam kegiatan arus mudik seperti terminal penumpang maupun posko semuanya sudah lengkap dan Personil pun sangat bersinergi dalam kelancaran kegiatan arus Mudik dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

    “Tadi pun saya sempat bicara langsung dengan pemudik di atas kapal yang memang sebagian besar dari perusahaan perkebunan, menurut pemudik, mereka sangat puas karena telah dilayani dengan baik, mulai dari terminal penumpang hingga di dalam kapal ini,” terangnya.

    Lanjut Bupati, pihaknya sangat mengapresiasi kepada PT Pelindo III Kumai yang telah menyiapkan terminal penumpang sementara dengan baik dimana menurut Bupati didalam terminal sementara itu ada ruangan yang bisa digunakan oleh pemudik, seperti musala, klinik, ruang khusus ibu menyusui.

    “Saya sudah mendapatkan laporan dari Kepala Dinas Perhubungan maupun KSOP Kumai bahwa pemudik akan terangkut semua hingga H-1 dimana berdasarkan laporan hingga hari ini pemudik yang telah keluar dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai sebanyak 21.402,” ujar Bupati Kobar.

    (Man/Beritasampit.co.id)