Pesan Ketua DPR Bamsoet : Idulfitri Jangan Dikotori oleh Tindakan Anarkis

    JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo mengungkapkan semua komponen masyarakat sudah memasuki suasana perayaan Idulfitri 2018 setelah hampir sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan.

    ” Tidak seharusnya suasana khusyuk ini dikotori atau dirusak. Menjejali ruang publik dengan pernyataan, dirasakan sangat tidak etis. Jangan mengganggu masyarakat yang sedang menyiapkan perayaan Idulfitri,” kata Bamsoet dalam menyambut Hari Raya Idulfitri, Kamis (14/6/2018).

    Menurutnya, Indonesia dewasa ini sangat kondusif sehingga dipercaya PBB menjadi anggota Dewan Keamanan (DK) PBB periode 2019-2020, dan siap pula menyelenggarakan Pilkada serentak di 171 daerah pemilihan jelang akhir Juni 2018 ini.

    “Karena itu, sebagai pimpinan DPR saya menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga suasana politik tetap kondusif dan jangan menghiraukan pernyataan-pernyataan bernuansa provokatif,” ujarnya.

    Demokrasi sudah menjadi pilihan final dan suasana kebangsaan saat ini sangat kondusif. Pemilihan presiden sudah dijadwalkan tahun depan. Mekanismenya pun sudah ada dan jelas, yakni pemilihan presiden secara langsung.

    Jadi, bukan dengan melancarkan kata-kata kasar dan menyerang ke sana-kemari. Terlalu mahal, dan juga di luar jangkauan akal sehat, jika rakyat harus diadu domba, sambungnya.

    Dengan dukungan TNI dan Polri, DPR bersama pemerintah memastikan bahwa demokrasi yang sudah kita pilih ini akan kita jaga. Tidak boleh dikotori oleh tindakan anarkis, sekarang dan dikemudian hari. Sebab, praktik politik seperti itu bukan budaya masyarakat Indonesia.

    Apalagi, segenap komponen masyarakat Indonesia sudah bersepakat bahwa adab demokrasi selalu berpijak pada ragam akar budaya nasional yang menjujung tinggi semangat musyawarah untuk mufakat.

    Seperti halnya ratusan negara di dunia yang melihat Indonesia sangat kondusif sehingga PBB pun memercayakan Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB, masyarakat pun hendaknya yakin pula bahwa suasana kebangsaan dan kenegaraan dewasa ini sangat kondusif.

    Demikian kondusifnya sehingga 171 daerah telah siap menyelenggarakan Pilkada serentak jelang akhir Juni nanti.

    Lebih dari itu, pada kesempatan ini, saya selaku pimpinan DPR juga menghimbau agar para pemudik tetap berhati-hati dalam menempuh perjalanan menuju kampung halaman.

    Polisi dan para petugas dari dinas perhubungan di berbagai daerah diharapkan terus bertugas mewujudkan kelancaran arus mudik.

    Saya dan segenap Pimpinan DPR, mengucapkan Selamat Hari Raya Iduifitri, mohon maaf Lahir Batin, jelasnya.

    (jan/Beritasampit.co.id)