Hari Raya Idulfitri : Sarana Persaudaraan dan Persatuan dalam Beragama dan Negara

    KASONGAN – Kumandang hari kemenangan dari tadi malam hingga sekarang terus berseru disepanjang juru dunia dalam menyuarakan takbir Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaa Ha Illa Allahu Wa Allahu Akbar, Allahu Akbar Wa Lillaahilhamd yang artinya Allah Maha besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan( yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji hanya milik Allah.

    Setelah hampir 30 hari menjalankan ibadah puasa ramadan, sampailah pada Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah yang jatuh tepat pada hari Jumat, 15/06/18. Suka cita dalam menyambut hari yang fitri (Suci) ini umat muslim di dunia mengisi kebahagian dengan menjalankan Salat Idulfitri.

    Hal serupa juga dilakukan umat muslim di Kalimantan Tengah, Kabupaten Katingan, Kecamatan Katingan Hilir, Desa Hampalit di Mesjid Al Muhajir. Mesjid yang memiliki bangunan bertingkat dan megah ini menjadi saksi dahsyatnya seruan Allahu Akbar mempersatukan umat untuk duduk sama rata dalam pebedaan di rumah ibadahnya (Mesjid).

    Saling berjabat tangan memohon maaf dengan wajah yang berseri-seri menjadi pemandangan langka ditengah arus globalisasi hingga mencuapnya isu non toleransi.

    “Islam itu sepanjang masa ya tetap begini, Rahmatan lil alamin (Agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta), dihari yang Fitri ini mari kita kembali intropeksi diri dalam memberbaik diri,” ucap Amat salah satu jamaah salat Idulfitri, di Mesjid Al Muhajir. Jumat, 15/06/2018.

    Untuk diketahui pelaksanaan Salat Idulfitri akan dilaksanakan Pukul 07.15 Wib, Sebagai Khotib dan Imam dipimpin Guru Sanuri.

    Dalam khotbahnya guru Sanuri berpesan momentum hari raya idulfitri sebagai sarana untuk mempersatukan umat dalam uhkuwah Islam.

    “Momentum hari raya sebagai sarana kita memperat persaudaran dan persatuan, mari saling memaafkan dan bergotong royong dalam menjaga keutuhan agama dan negara,” khotbahnya.

    Hingga berita ini diterbitkan salat Idulfitri telah berlangsung dengan aman dan lancar.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id