Puluhan Mobil Berhias serta Ribuan Kendaraan Semarakan Lomba Malam Takbiran, Dimana ?

    SAMPIT – Setiap tahun warga Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengadakan acara lomba Takbiran dengan berkeliling wilayah sekitarnya.

    Sebanyak 40-an unit mobil berhias Ala Masjid dan pernak pernik Islami, serta turut diikuti ribuan kendaraan roda dua yang memanjang memadati kawasan jalan kecamatan tersebut.

    Kegiatan malam takbiran sebagai moment hari kemenangan bagi umat Islam seluruh dunia dalam berperang melawan hawa nafsunya sendiri.

    Dalam melampiaskan simbol kemenangan itu warga muslim Samuda dan sekitarnya menggemakannya dengan lomba pawai mobil berhias dengan lantunan Takbir, Tahmid dan Tahlil yang suaranya asli orang yang mengimandangkannya dalam mobilnya tersebut. Merupakan penilaian yang dilakukan dewan juri sebagai pemenangnya.

    Acara gema Takbiran langsung dibuka secara resmi oleh Plt Camat Mentaya Hilir Selatan (MHS), Muhammad Huzaifah,SE,MM, Kapolsek Jaya Karya IPDA Hamdan Samudro, Koramil 1015-06 dengan mengibarkan bendera start bersama di depan Rumah Jabatan(Rujab) Camat, Jalan Partoe Muksin.

    Adapun, para peserta yang mengikuti pawai lomba takbir adalah utusan dari beberapa Masjid maupun Mushola yang berada di kecamatan tersebut. Masing -masing perwakilan satu desa mengutus pesertanya 2 -3 buah Mobil berhias. ” Peserta yang sama satu desa kita berikan nomor peserta yang sama.

    Namun yang beda penilaian hiasan mobilnya dan juga suara pengumandang Takbir harus dengan lisan pesertanya bukan dengan kaset atau CD,” jelas Ketua Pantia Lomba Takbiran, melalui Sekretarisnya Sukarno Arif, Kamis(14/6/2015) malam.

    Pada kesempatan itu, Kapolsek Jaya Karya Samuda, Ipda Hamdan Samudro mengingatkan kepada peserta lomba dalam pelaksanaan malam takbiran, bagi pengemudi mobil maupun yang memakai kendaraan agar lebih berhati-hati. jagalah keamanan, ketertiban berlalu lintas dijalan raya.

    ” Dalam pawai para peserta harus tertip. Jangan sampai saling mendahului satu sama lainnya. Perhatikan keselamatan demi kelancaran kita bersama,” pesannya.

    Sementara itu, camat Mentaya Hilir Selatan, Plt Muhammad Huzaifah mengatakan, kami atas nama koordinator, juga unsur Muspika mengucapakan terima kasih pada semua peserta yang mengikuti lomba mobil hias maupun para pegendara roda dua agar memperhatikan ketertiban dalam berkendaraan dalam menyambut datangnya 1 Syawal 1439 Hijriah.

    Dengan mengumandangkan lafadz Takbir, Tahmid dan Tahlil, menyambut kemenangan bersama selama berperang melawan hawa nafsu.

    ” Mari kita gemakan asmaNYA dengan ber Takbir, ber Tahmid dan ber Tahlil teriring menyambut datangnya 1 Syawal hari Raya Idul Fitri yang mulia ini,” ucapnya.

    Peserta lomba Takbiran malam hari Raya Idul Fitri itu mengikuti sudah ditentukan Panitia penyelenggara. Kegiatan star acara lomba Takbiran mulai pukul 20.00 – 21.30 WIB .

    Jarak perjalanan sekitar 10 Kilometer dari jalan Partoe Muksin(Depan Rujab Camat) belok ke jalan AMD Manunggal 4. Belok lagi ke Jalan H Abdullah Sidik, memutar ke Jalan H Umar Hasyim terus ke Jalan Muhammad Ilmi memutar kejalan Mupakat hingga ke jalan Dwi Kora dan fhinish ke perempatan Jalan Partoe Muksin dan Jalan AMD Manunggal lV.

    Hadiah yang disiapkan panitia berupa, kipas angin 3 buah, sajadah panjang 2 lembar, Majicmob atau pel lantai 4 buah, kopiah 3 lusin, sajadah 15 lembar dan satu lembar sarung.

    Untuk pengguna kendaraan roda dua juga diberi nomor undian untuk mendapatkan hadiah doorprize masing masing satu buah sajadah untuk 12 orang.

    Berikut pemenang yang dinilai dewan juri, untuk juara 1 Mushola Al Hijrah, Juara ll Langgar Hairiah, juara lll, Utusan Desa Basirih Hulu dan Juara Harapan l Masjid Nurul Islam.

    (mar/beritasampit.co.id)