Korban Kebakaran di Palangka Raya Bernapas Lega, Setelah Mendapat Bantuan dari Dinsos Kalteng

    PALANGKA RAYA – Kebakaran yang terjadi di Jalan Pantung Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Palangka Raya, Senin (18/6/2018), yang menghanguskan seluruh bangunan dan isi rumah, cuman menyisakan duka dan pakaian dibadan korban.

    Pasalanya saat kebakaran terjadi, tidak satupun barang yang bisa terselamatkan karena api yang begitu cepat merambat dan langsung menghanguskan 2 buah rumah dan 1 pondok sekaligus.

    Atas kejadian tersebut, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah menurunkan bantuan bagi korban terdampak bencana kebakaran tersebut.

    Dimana salah satu program Kementrian Soisal (Kemensos) melalui Dinas Sosial (Dinsos), dalam upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Dinsos Provinsi Kalteng telah mendistribusikan Barang Bantuan Logistik Penanggulangan Bencana Kemsos RI ke Gudang Logistik Dinsos di 14 Kabupaten/Kota.

    Jika bufferstock barang logistik Kab/Kota tidak mencukupi untuk penggulangan bencana, maka bufferstock di Gudang Dinsos Prov Kalteng akan didorong ke lokasi bencana sesuai kebutuhan.

    Demikian juga untuk warga terdampak bencana kebakaran yang terjadi di Jalan Pantung Kelurahan Panarung, yang langsung mendapat support bantuan dari Dinsos Kalteng.

    Hal ini sebagai mana yang diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kalteng melalui Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Fathuddin Noor kepada beritasampit.co.id.

    “Kepala Dinsos Kalteng menugaskan saya, untuk menyerahkan bantuan dari Kemensos RI kepada 17 orang (4 KK) korban kebakaran,” katanya kepada beritasampit.co.id melalui pesan WhatsApp, Selasa (19/6/2018) malam.

    Adapun bantuan yang diberikan berupa: lauk pauk kemasan 28 paket, 1 paket kebutuhan lansia, seragam sekolah untuk 5 anak masing-masing 2 stel, pakaian dewasa 13 stel, dan kain batik panjang 4 lembar.

    Selain itu, pada saat yang bersamaan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Yus Anwar juga menyerahkan bufferstock Kementerian Sosial RI yang sudah ada di Gudang Logistik Dinas Sosial Kota.

    Adapun bufferstock yang diserahkan berupa; 17 lembar selimut, 17 lembar matras, 4 paket foodware, 3 paket kidware, 4 paker family kid, 4 paket sandang, dan empat lembar terpal plastik.

    Selain itu, Dinas Sosial Kota Palangka Raya juga menyerahkan bantuan yang besumber dari APBD Kota berupa: beras, sarden, kecap, sambal saos, susu kaleng, sabun mandi, handuk, dan daster.

    Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Kalteng dan Tagana Kota Palangka Raya juga hadir di lokasi, dengan sigap tanggap membantu mendistibusikan barang bantuan kepada warga terdampak kebakaran tersebut.

    Jenis barang-barang bantuan pangan yang diberikan tersebut diperhitungkan untuk 7 hari. Diharapkan setelah 7 hari warga terdampak bisa kembali beraktivitas normal.

    “Jenis-jenis barang bantuan pangan yang diberikan tersebut, diperkirakan untuk kebutuhan mereka selama 7 hari kedepan,” ujar Fathuddin.

    Karena menurut Fathuddin selama 7 hari kedepan korban belum bisa kembali beraktivitas secara normal.

    Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada korban di lokasi kebakaran, yang disaksikan langsung oleh Lurah setempat.

    Selanjutnya, Fathuddin juga mengatakan bahwa korban saat ini ditampung di rumah keluarganya yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran.

    “Para korban ini ditampung oleh warga, yang juga merupakan keluarga dari mereka, dan warga setempat juga bersedia menampung mereka (korban),” terang Fathuddin.

    (Fr/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT