Cegah DBD, Dinas Kesehatan Barut Fogging di Pemukiman Warga

    MUARA TEWEH- Mencegah penyakit Demam Berdarah, Dinas Kesehatan Barito Utara (Barut) melakukan pengasapan (Fogging) di sejumlah titik pemukiman warga, Kamis 5 Juli 2018.

    Fogging yang dilakukan di Jl Imam Bonjol Muara Teweh sejak pagi. Tidak hanya di halaman rumah warga, tapi sejumlah drainase dan titik yang dianggap jadi sarang nyamuk juga difogging.

    Fogging tersebut merupakan kesigapan dari Dinas Kesehatan dalam Menindak lanjuti laporan dari masyarakat. Sebelumnya dalam laporan warga ada yang terkena Demam Bedarah Dengue (DBD).

    “Fogging ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan Barut karna adanya laporan warga sekitar daerah ini yang terkena DBD,” tutur Ari petugas Fogging dari Dinas Kesehatan Barito Utara.

    Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

    Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever,dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian. (Ris/beritasampit.co.id)

    Editor: Akhiruddin