Bupati Apresiasi Karang Taruna Pulpis Wakili Kalteng ke Tingkat Nasional

    PULANG PISAU – Setelah berhasil meraih juara pertama lomba Karang Taruna tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2018, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo memberikan apresiasi kepada Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II mewakili Kalimantan Tengah untuk lomba Karang Taruna tingkat Nasional yang digelar bulan Agustus mendatang.

    “Tentunya dengan prestasi yang diraih ini, pemerintah mendukung keberadaan Karang Taruna sebagai wujud nyata ikut bersama dalam membangun bangsa, Negara dan daerah setempat,” kata Edy Pratowo, diruang rapat bupati, saat saat audensi dengan Pengurus Karang Taruna Pulang Pisau, Senin (9/7/2018).

    Edy Pratowo yang juga pembina Karang Taruna Pulang Pisau ini juga meminta kepada Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II yang terpilih mewakili Kalteng di lomba tingkat nasional, untuk mempersiapkan bahan dan materi yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut.

    Menurut Edy Pratowo, keberhasilan salah satu Karang Taruna di daerah setempat diharapkan bisa memacu berkembangnya Karang Taruna di desa lainnya. Dirinya juga meminta kepada pemerintah di tingkat kecamatan dan desa untuk memberdayakan warga Karang Taruna sebagai bagian atau wadah bagi generasi muda untuk terus berkarya.

    “Bagi Karang Taruna yang telah terbentuk untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah di berbagai tingkatan agar berbagai kegiatan yang dilaksanakan bisa sinergis dan sejalan untuk bersama-sama membangun desa dan Kabupaten Pulang Pisau secara keseluruhan. Selain itu warga Karang Taruna bisa memberikan wujud nyata bagi masyarakat disekitarnya,” terangnya.

    Kepala Dinas Sosial, Satria During selaku Pembina Teknis mengungkapkan keberhasilan yang dicapai ini sebagai bentuk keberhasilan pembinaan yang dilakukan, meski masih banyak kendala yang dihadapi dalam mendorong aktivasi Karang Taruna di desa-desa.

    Karang Taruna, menurut Satria During, adalah sebuah organisasi yang memiliki potensi besar yang mengakar hingga ke desa-desa. Rencananya, Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II ini sebelum mengikuti lomba di tingkat nasional berhasil menjadi juara lomba Karang Taruna tingkat Provinsi Kalteng yang dilaksanakan pada bulan Mei lalu.

    Audensi dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau, Adi Waskito dan Sekretaris Riduansyah. Ketua Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II, Fatkur Roji bersama pengurus. Selain audensi, Fatkur Roji juga menyerahkan cinderamata baju kaos dari hasil kreativitas sablon warga Karang Taruna setempat kepada bupati Pulang Pisau.

    Terpisah, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdu Hafid mengucapkan selamat kepada Karang Taruna Pulang Pisau khusunya Karang Taruna Desa Mentaren II yang telah berpilih mewakili Kalteng ke tingkat Nasional.

    Abdul Hafid yang biasa disapa AHD ini berharap keberhasilan itu akan menjadi motivasi bagi desa lainnya di Kalimantan Tengah. “Tentunya ini akan menjadi motivasi bersama untuk terus membangun Karang Taruna yang lebih kratif, inovatif dan berdaya saing. Pemuda desa harus maju, bangkit dan mampu bersaing. Jika tidak sekarang kapan lagi. Inilah salah satu contohnya,” terang AHD.

    Kedepan pemuda Karang Taruna harus bisa menjadi bagian pembangunan. Maka dari itu mari para pemuda terus belajar dan terus kreatif untuk membangun desa dan daerah masing-masing.

    “Koordinasi itu penting, diantara pengurus Karang Taruna desa itu sendiri, kelurahan, kecamatan maupun kabupaten dan provinsi. Sehingga program yang dikaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

    (fdl/beritasampit.co.id)