Gunung Anak Krakatau Meletus, Dampaknya Sampai ke Katingan Hingga sebabkan Gempa 

    KASONGAN – Masyarakat Kota Kasongan, Kabupaten Katingan dan sekitarnya seperti Kereng Pangi, Desa Samba, Pendahara dan Buntut Bali sekejap kebingungan serta merasa ketakutan.

    Pasalnya, masyarakat merasakan adanya gempa selama 2 detik yang terjadi sekitar pukul 13 45 wib sore ini, Kamis (12/7/2018).

    Ada sebagian masyarakat yang bermukim di pinggiran jalan meraskan gempa tersebut, mengira hal itu karena ada alat berat yang melintas dan ada juga yang mengatakan ada pesawat yang melintas di daerah itu.

    Namun ternyata, gempa yang dirasakan selama 2 detik itu dikarenakan dampak dari meletusnya Gunung Anak Krakatau, Selat sunda, Lampung yang dikabarkan meletus 56 hingga 99 kali dalam sehari.

    Meletusnya gunung anak krakatau, hingga menyebabkan gempa karena ada sesar-sesar kecil atau sesar mikro yang ada gunung tersebut sehingga dapat menciptakan gempa bumi. Akan tetapi kekuatanya gempa yang diraskan relatif kecil seperti yang dirasakan masyarakat Katingan.

    Meski relatif kecil, sejumlah bangunan di Kota Kasongan mengalami kerusakan seperti, di Bank Kalteng Cabang Kasongan, nampak beberapa bangunan kantor mengalami retak-retak akibat gempa yang terjadi.

    “Saat terjadi gempa, beberapa mahasiswa yang magang di Bank Kalteng sempat ke luar ruangan karena ketakutan. Sementara saya juga sempat berdiri dari kursi karena merasakan hal yang sama yaitu adanya getaran gempat yang terjadi. Akibatnya sejumlah ruang bangunan terjadi retak,” ujar pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan, Rumbun.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT