Tiga Mitos Tempat Berkumpulnya Raja-Raja Jin di Indonesia, Ini Ceritanya….????

    PANGKALAN BUN – Di era kemajuan teknologi dijaman Now ini ternyata masih saja mitos menjadi sesuatu bahasan yang menarik bahkan terdapat berbagai cerita unik yang terkadang saat didatangi kelokasi atau mendengar ceritanya kita sering merinding.

    Seperti halnya diceritakan Dedi Suhendi (99) alias Pak Jagur asal dari Garut, yang kini jadi warga Pangkalan Bun. Konon kata dia ada 3 mitos tempat berkumpulnya raja-raja jin di Indonesia.

    “Sebenarnya banyak tempat-tempat misteri yang sering dimitoskan, tapi tempat yang paling besar ada 3 tempat, yang sangat luas wilayahnya di Indonesia, yakni wilayah laut pantai selatan, kemudian wilayah hutan di Banyuwangi yang dikenal masyarakat jawa kerajaan alas purwo, dan yang ketiga kerajaan gaib Pulau Mas, yang menguasai rawa-rawa,” kata Pak Jagur,yang pernah bertapa 40 hari/malam dilereng pegunungan di Garut, saat dibincangi beritasampit.co.id Minggu (15/7/2018).

    Menurut Pak Jagur, mitos (cerita misteri) Kerajaan Ratu Pantai Selatan yang membentang luas sepanjang Pulau Jawa bagian Selatan, sampai sekarang tidak pernah ‘sirna’.

    ”Dan sampai sekarang pantangan yang harus ditaati oleh pengunjung kepantai selatang masih ditaati, seperti pengunjung ke pantai tidak boleh memakai baju merah, atau perempuan hamil. Kalau dilanggar kemudian naik perahu kelaut bisa dimakan ombak (gelombang besar),” ungkap Pak Jagur.

    Kalau cerita panjang tentang Ratu Pantai Selatan (Nyi Roro Kidul ), lanjut Pak Jagur, tidak banyak tahu.”Saya taunya Nyi Roro Kidul itu asal nama dari Nyi Nilamsari seorang putri kembaran Ratu Nilakendra,salah satu permaesuri cantik Raja Pajajaran Prabu Siliwangi.

    Saat Kerajaan Pajajaran ditaklukan oleh Raja Banten yang menganut Agama Islam.Ratu Nilakendra yang sedang mengandung tidak percaya adanya Tuhan, konon lebih baik menceburkan bunuh diri kelaut Selatan.

    Karena sebelumnya Ratu Nilakendra dikenal orang sakti ‘mandra guna’ (tiada tanding), akhirnya saat didasar laut jadilah orang ghaib dan melahirkan 2 anak kembar perempuan. Yang satu Nyi Nilamsari, yang sampai sekarang sering disubut Nyi Roro Kidul menguasai pantai laut jawa bagian Selatan, dan yang satu lagi Nyi Rantamsari, yang sering dikenal Ratu Dewi Lanjar, menguasai pantai laut Jawa bagian Utara.

    Sedangkan raja-raja jin yang menguasasi Alas Purwo,berada di alas (hutan) Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

    ”Zaman dulu, alas purwo itu telah melegenda sering dijadikan tempat bertapa para raja dan adipatinya untuk mencari limu ghaib, sampai sekarang juga ada bekasnya bentuk portal. Makanya raja-raja dan adipati dijaman majapahit banyak yang sakti berkat menguasai ilmu ghaib dari raja-raja jin,” ujar Pak Jagur.

    Kalau Kerajaan Ghaib Pulomas,lanjut Pak Jagur, menurut mitos diatas rawa besar berdiri kerajaan jin sangat megah terbuat dari emas.Lokasinya di Kerajaan Indramayu Jawa Barat, pesisir Utara pantai laut Cirebon.

    “Menurut cerita, sebelum kerajaan Indramayu berdiri ada kerajaan gaib dipimpin raja jin, dengan menyerupai manusia bernama Raden Werdinata dan patihnya yang juga jin bernama Mahapatih Jongkara, keduanya sangat sakti. Namun setelah Agama Islam masuk ke Jawa bagian utara, akhirnya kerajaan pulomas itu menghilang,” beber Pak Jagur.

    (Man/Beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT