Seragam Sekolah Gratis Harus Memenuhi 6 Kriteria

    PANGKALAN BUN – Berhak menerima seragam sekolah gratis bagi peserta didik mulai SD s/d SMP sederajat harus memenuhi 6 kriteria, pertama orangtua siswa yang berpendapatan maksimal Rp 1.500.000,-/bulan dua masyarakat yang tidak mampu degan bukti SKTM dari Rt/Kelurahan dan desa.Tiga orangtua siswa yang memiliki Kartu Perlindungan Sosial.

    Empat Siswa memiliki Kartu Indonesia Pintar dan Lima dan Enam bagi siswa di maksud anak yatim dan yatim piatu yang benar-benar tidak mampu.

    Hal tersebut, disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kobar Hj.Aida Lailawati, usai acara secara simbolis penyerahan seragam sekolah gratis oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Senin (16/7/2018) di halaman SMPN 7 Pangkalan Bun.

    “Final pendataan ada disetiap sekolah tetapi kami telah memberikan persyaratan bagi murid baru yang berhak menerima seragam gratis ini, meski masih menginventarisir karena hari ini sudah mulai murid baru masuk sekeloh sehingga kami mulai mendistribusikan seragam gratis ini,” kata Aida Lailawati

    Lanjut Aida, berdasarkan laporan dari setiap sekolah baik tingkat SD /sederajat dan SMP/sederajat jumlah murid baru ditahun 2018 ini hampir 30 sampai dengan 40 persen terakomodir mendapatkan seragam gratis.

    “Untuk tingkat Sekolah Dasar atau sederajat jumlah murid baru sebanyak 5.634 murid yang menerima seragam gratis sebanyak 2.200 murid, untuk tingkat SMP dan sederajat, jumlah murid baru secara 4.168 murid yang menerima seragam gratis sebanyak 1.400 murid,” ujar Aida .

    Menurut Aida, agar tepat sasaran, pihak sekolah pun lharus angsung cross cek rumah orangtua murid, selain memang ada enam kategori untuk murid baru yang berhak menerima seragam gratis.

    “Saya pun meminta kepada Dinas Cabang maupun sekolah agar tidak terpaku pada data kalau memang ada penambahan tetap akan kita berikan, karena anggaran akan kita siapkan lagi di anggaran perubahan, agar program yang di gadang gadangkan oleh Bupati Kobar dan Wakil Bupati Kobar dapat berjalan dengan lancar,” beber Aida Lailawati.

    (Man/Beritasampit.co.id).