Gereja Katolik di Kereng Pangi Dibom, Kapolres Katingan, Itu Berita HOAX

    KASONGAN – Kapolres Katingan, AKBP Eliester Dharma Bahagia Ginting, SIK menegaskan, bahwa terkait beredarnya informasi melalui Mendia Sosial (Medsos) Facebook pemilik akun Rory Sandan yang bertuliskan “Gereja Katolik santa maria di Kereng Pangi dibom, 1 meninggal”itu adalah berita Hoax atau tidak benar.

    “Bahwa berita tersebut adalah HOAX atau bohong dan sampai saat ini situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Katingan dalam keadaan aman dan kondusif. Karena di kereng pangi tidak ada gereja katolik santa maria, yang ada di kereng pangi adalah gereja GKE Gembala Hampalit,” jelas Dharma Ginting, kepada beritasampit.co.id, Selasa (17/7/2018) malam ini.

    Dirinya menjelaskan, ada 4 Gereja Katholik di wilayah Kabupaten Katingan dalam keadaan aman dan kondusif, yakni Gereja Santa Maria Bunda Karmel Kasongan dan Gereja Katolik di Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah.

    Kemudian, Gereja Katolik di Desa Tewang Rangkang Kecamantan Tewang Sanggalang Garing Katingan dan Gereja Katolik di Desa Buntut Bali Kecamatan Pulau Malan juga dalam keadaan kondusif.

    Maka dengan adanya informasi Hoax tersebut, maka tindakan yang dilakukan adalah membuat testimoni pastor yang menyatakan berita tersebut tidak benar dari pihak gereja khususnya Gereja Katolik Santa Maria Bunda Karmel selanjutnya di viralkan itu.

    “Kita akan melakukan penyelidikan terhadap pemilik akun Facebook Rory Sandan dengan Koordinasi dengan Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Kalteng. Kami himbau kepada lapisan masyarakat untuk tetap tenang, dan jangan percaya dgn informasi Hoax. Sampai saat ini situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Katingan dalam keadaan relatif aman dan kondusif,” pungkasnya.

    (ar/fzl/beritasampit.co.id)