Warga Perumahan Wengga Jaya Agung Digegerkan Dengan Penampakan Hantu Kuyang

    SAMPIT – Warga perumahan wengga jaya agung Sampit, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) digegerkan dengan munculnya sesok hantu kuyang (wujud makhluk dengan kepala seperti manusia dan anggota badan berupa organ dalam tubuh manusia) terbang melintas diatas rumah warga.

    Hal itu diungkapan oleh satpam komplek perumahan Pramono, dimana hantu kuyang tersebut muncul sekira pukul 01.00 Wib pada hari Jumat (13/7/2018) malam yang merupakan kemunculan awal hantu kuyang tersebut.

    “Saya sedang melaksanakan patroli rutin setiap malam, saat saya melewati komplek kuburan yang berada di jalur 9 tiba-tiba diatas kepala saya dengan jarak empat meter hantu kuyang ini menampakan diri,” ungkap Pramono ketika didapati saat berjaga di posnya, Selasa (18/7/2018) malam.

    Dikatakan Pramono, bukan hanya sekali penampakan hantu kuyang ini menampakan diri. Namun, selang satu setelah penampakan diri sekitaran komplek kuburan perumahan wengga jaya agung, hantu kuyang tersebut kembali memunculkan diri pada hari Minggu (15/7/2018) malam sekira pukul 00.00 Wib dimana warga sedang pulas tertidur dibalik selimut.

    “Dua kali penampakan hantu kuyang ini, cuman berselang satu hari. Saya pun menyediakan gunting rambut untuk memotong isi perut hantu kuyang itu, karena menurut cerita yang saya dengar kalau dipotong perutnya maka hantu kuyang ini akan musnah,” katanya.

    Diketahui dari cerita-cerita masyarakat asli Kalimantan sendiri munculnya sesok hantu kuyang tersebut identik dengan adanya orang yang menggunakan ilmu hitam untuk keabadian, makhluk ini juga dikenal sebagai jelmaan manusia yang sedang mempelajari ilmu hitam. Konon pada siang hari wujudnya merupakan manusia sebagaimana biasanya.

    Ada juga mengartikan bahwa kemunculan hantu kuyang ini karena disekitar tempat kemunculan itu ada orang yang baru melahirkan atau hantu kuyang mencium adanya bau darah orang yang sedang melahirkan anak.

    (im/beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT