Cegah Kriminalitas!! Ayo Hidupkan Pos Kamling di Tingkat RT/RW

    SAMPIT – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Handoyo J Wibowo meminta kepada masyarakat agar bisa menghidupkan pos kamling di masing-masing RT/RW.

    “Adanya pos kamling akan sangat berguna bagi warga sekitar, Ini namanya jaga warga, dari warga dan untuk warga didaerah itu sendiri,” kata Handoyo saat melakukan reses di Kecamatan Baamang.

    Lanjut Handoyo mengatakan dengan fungsinya untuk mengamankan wilayah kecil di tingkat lingkungannya. Ini perlu, karena selama ini masih ada tempat pos kamling yang tidak aktif, sehingga banyak kejadian-kejadian yang nantinya tidak diketahui.

    Terjadinya suatu persoalan/permasalahan selalu adanya di daerah seperti RT, RW sampai wilayah desa. Siskamling ini nanti dibentuk kembali. Prosesnya nanti lurah/kepala desa yang akan membantu atau RT dan RW yang akan menunjuk.

    “Tidak lupa warga sekitar juga harus aktif untuk membantu bersama-sama dalam mengamankan lingkungannya,” pungkas Legislator Partai Demokrat ini.

    Wakil rakyat ini menambahkan pos kamling dinilai sangat efektif untuk menghalau gerakan-gerakan yang dinilai berbahaya. Karena ini sudah bisa dideteksi lebih awal. Karena dalam proses siskamling ini tentunya ada kewaspadaan.

    “Kalau semua pos kamling aktif, saya yakin orang yang ingin berbuat kejahatan juga mikir-mikir, dan hal ini akan mengurangi tindak kriminalitas,” tutupnya.

    (Bnr/Beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT