Konsolidasi Perkuat Karang Taruna Desa, Abdul Hafid Sarankan Pengurus Belajar Bersurat

    SAMPIT – Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Abdul Hafid meminta kepada pengurus Karang Taruna Desa untuk bisa menjalankan organisasi desa dengan baik.

    Salah satu organisasi yang baik itu lanjutnya adalah seringnya dilakukan konsolidasi ditingkat desa masing-masing, dengan membuka komunikasi baik dengan aparatur desa, tokoh masyarakat setempat serta antar pengurus Karang Taruna desa itu sendiri.

    Abdul Hafid yang sering disapa AHD ini menyebutkan, sedikitnya ada 4 pokok, tugas dan fungsi Karang Taruna. Pertama adalah Konsolidasi organisasi, kedua mengembangkan usaha ekonomi prduktif, ketiga mengembangkan kesejahteraan sosial dan hal-hal yang berkaitan dengan potensi desa serta yang terakhir olahraga dan rekreasi.

    “Jika empat pokok ini dijalankan dengan baik, maka Karang Taruna desa di Kalteng yakin dapat memajukan desa nya sendiri melalui pemuda desa,” kata Abdul Hafid saat konsolidasi 4 desa di Kecamatan Cempaga Hulu, yakni Desa Parit, Bukit Raya, Sudan, Pelantaran, Sabtu (22/7/2018).

    Pada kesempatan itu AHD juga mengatakan Abdul Hafid juga menyarankan agar pengurus Karang Taruna desa untuk dapat belajar memgelola administrasi termausk membuat sutat menysurat.

    Hal itu penting lanjutnya, sebab Karang Taruna mrrupakan organisasi sosial tanpa digajih dan memerluka kesetiakawana sosial.

    “Belajar bersurat. Karang Taruna itu pusatnya di desa dan di SK kan oleh kepala desa selama 3 tahun. Artinya, kita harus kreatif dan inovatif. Anggaran Karang Taruna tersedia di desa. Jangan malu dan jangan ragu untuk belajar. Denan bersurat kita paham apa itu organisasi Karang Taruna,” pungkasnya.

    Sementara itu, dari empat desa yang melaksankana rapat koirdinasi dan kosolidasi di Desa Parit Kecamatan Cempaga Hulu ini, rata-rata mengharapkan bantuan untuk pengembangan sarana dan prasarana olahraga di desa.

    Umumnya mereka meminta masukan untuk belajar mengembangkan potensi desa. “Saat ini yang dibutuhkan pengurus Karang Taruna desa adalah pengelolaan potensi desa, bantuan alat musik serta sarana dan prasarana olahraga apalagi ini menjelang agustusan,” ungkapnya.

    (raf/beritasampit.co.id)