SERUNYA MPLS SMK 3 KUMAI BERMAIN ROBOT DAN WATER ROKET

    Pangkalan Bun – Ada yang berbeda di kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS ) di salah satu SMK di Kabupaten Kotawaringin Barat, yaitu di SMK 3 Kumai (22/7/2018). Riuh dengan tepuk tangan dan canda dari para peserta didik baru saat asik bermain Robot dan Water Roket ketika melakukan kegiatan MPLS.

    Kegiatan tersebut banyak menarik perhatian peserta didik, terutama 70 orang siswa baru smk 3 Kumai, mereka sangat antusias ketika mengikuti kegiatan tersebut.

    Menurut kak Ade Pajar Pirdianto, salah satu pengajar teknik mesin di Universitas Antakusuma sekaligus pendiri Komunitas Desa robot di Kobar dan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (Untama), melakukan simulasi robot mekanik yang menyerupai robot pembantu bongkar muat di perkapalan yang bisa di kontrol untuk beraktifitas layaknya sistem bongkar muat manusia. “ kami ajarkan dari sisi mekanik atau gerak dan elektroniknya secara lengkap,meski tentu saja dengan pola sederhana”, jelas pembina club robot di untama dan pendiri Komunitas desa robot (kodero).

    Menurut Jainuri, kepala sekolah smk 3 Kumai kegiatan MPLS ini dapat membuka wawasan, karakter dan kreatifitas peserta didik baru untuk semakin percaya diri bahwa mereka bisa meraih prestasi dari berbagi ide, tidak itu saja dalam pengenalan robotik dan water roket ini diniatkan sebagai sarana untuk mengakrabkan anak-anak pada teknologi. “ bukan teknologi biasa tapi teknologi yang bernilai edukasi,” lanjutnya.
    “Kami juga menanamkan kesan positif ke peserta didik baru, bahwa kegiatan MPLS tidak ketinggalan zaman. Tapi juga dikemas dengan kegiatan canggih dan kekinian.”

    Kegiatan MPLS ini diniatkan sebagai sarana untuk mengakrabkan peserta didik baru pada teknologi. Teknologi yang edukatif. Selain itu bahwa kegiatan Pramuka sekaligus dalam rangkaian kegiatan MPLS tidak lagi ketinggalan zaman. Tapi juga dikemas dengan kegiatan yang mampu merubah pola berfikir siswa di zaman kekinian ini.

    Eka Febri yanti Salah satu siswa didik baru SMK 3 Kumai ini, tak bisa lagi menyembunyikan kegembiraanya setelah robotnya jadi dan bisa berjalan, begitu juga dengan teman-teman yang lainya mereka berebut mencoba memainkan karya mereka di hadapan teman ketika melakukan sesi merakit robot.

    Edi, salah satu perwakilan ketua Himpunan Mahasiswa teknik mesin mengungkap kedepanya Fakultas Teknik Untama juga akan segera mengadakan ivent bergengsi robotik dan water roket. Yang mana programnya sedang kami kaji dan harapan besar kami dari pihak pemerintah dan perusahaan yang ada di kobar dapat ikut andil untuk mensukseskan acara akbar ini yang mana sekaligus bisa merebutkan piala bergilir kontes robot dan water roket se kabupaten kotawaringin barat bahkan ke tingkat provinsi.

    (as/beritasampit.co.id)