Inilah Sejarah Panjang Desa Hanjak Maju di Pulang Pisau

    PULANG PISAU – Kabupaten Pulang Pisau yang juga dijuluki Bumi Handep Hapakat ini, memiliki sebuah desa yang dikenal Desa Hanjak Maju. Dulunya, desa ini dikenal dengan sebutan UPT Anjir Pulang Pisau

    Pada tahun 2001 sampai dengan 2013 silam, Desa Hanjak Maju merupakan Desa yang termasuk dalam pemerintahan Desa Anjir Pulang Pisau.

    Setelah ditahun 2002, Desa tersebut masuk didalam usulan pemekaran desa dan dijadikan wilayah transmigrasi oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

    Kepala Desa Hanjak Maju yang merupakan Kades Pertama dalam sejarah Desa, Teras mengatakan setelah beberapa lama dan bertepatan pada tahun 2005, para Transmigrasi berdatangan dari berbagai wilayah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Masyarakat lokal.

    “Pada saat itu, Jumlah Kepala Keluarga yang menjadi Transmigrasi ada 380 yang bermukim di Wilayah Upt Anjir Pulang Pisau,” cerita Teras saat menerima kunjungan Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid, Senin (23/7/18).

    Dikatakan Teras, Masyarakat Desa Hanjak Maju mayoritas pekerjaannya ialah seorang petani sawit. Kebun yang digunakan untuk bercocok tanam merupakan milik pribadi dan ada juga milik perusahaan sawit yang ada diwilayah setempat.

    Pada tahun 2011, Desa Hanjak Maju mulai terlihat kemajuannya dengan bertambahnya jumlah kepala keluarga yang tadinya 380 KK dan sekarang menjadi 450 KK.

    Teras mengatakan perjuangan tidak sampai disitu, pada tahun 2013, yang tadinya merupakan Upt Anjir Pulang Pisau dan sekarang mengacu menjadi Desa definitif dan diresmikan pada tahun itu juga.

    “Setelah definitif di tahun 2013, langsung kita lakukan pembangunan infrastruktur desa sampai di tahun 2014,”jelasnya.

    Di Tahun 2015, mulailah Desa ini melakukan penempatan transmigrasi dari hasil usulan yang dulu pernah diusulkan pihak Desa.

    Alhasil, di Tahun 2018 Desa hanjak maju terlihat maju pesat dengan infrastruktur bangunan, jalan dan Bumdes yang sangat bagus yang sampai saat ini masih dipimpin Teras sebagai Kepala Desa yang merupakan sejarah Kades pertama memimpin Desa Hanjak Maju yang asri ini.

    Tak sia-sia perjuangan yang dilakukan oleh segelintir orang selama 10 tahun lebih ini untuk mengembangkan Desa hanjak maju dan mencapai kemakmuran untuk setiap Masyarakat Desa.

    (pra/beritasampit.co.id)

    Editor : FAHRIZAL