Kenikmatan Salat Subuh Luar Biasa

    Opini : Maman Wiharja

    KETIKA menjelang salat subuh terdengar sayup-sayup suara ayat-ayat Al Qur’an, dan tidak beberapa lama kemudian terdengar suara alunan Azan, yang menandakan bagi Umat Islam untuk segera bangun dan melakukan salat subuh.

    Namun terkadang saat mendengar alunan suara Azan kita malah tidur semakin nyenyak.

    Astagfirullah..padahal kalau kita mau memaksakan diri untuk bangun subuh, walaupun masih tersa ngantuk dan kepala berat, tapi setelah kita wudhu dan melaksanakan sholat subuh, masya Allah nikmatnya luar biasa.

    Namun terkadang masih banyak umat muslim, yang sering melewatkan salat subuh. Sekitar 50 tahun yang lalu, ketika penulis berusia 12 tahun masih ingat ada lagu sunda, kalau engga salah judulnya ‘Trong Kohkol’ Hari Kiyamat. Lagu tersebut untuk mengingatkan kita sebagai muslim jangan melewatkan salat subuh.

    Kemudian lagu Sunda tersebut,antara lain dalam bait-baitnya ,”Trong kohkol, andika anggur murungkut – Dur bedug andika anggur murungkud – Diadanan beuki tibra ,Majar maneh henteu ngelingan…henteu ngelingaaan dst.”.

    Syair lagu tersebut kalau di Indonesiakan, (”Ketika kohkol diketuk kamu malas bangun.Dan ketika bedug dipukul kepala kamu malah semakin ditutupi bantal. Ketika suara Adzan bunyi, kamu malah semakin nyenyak tidur… “ ).

    Namun demikian mudah-mudahan, kita semua umat muslim tidak akan melewatkan sholat subuh,karena tatkala kita usai salat subuh kemudian memohon doa minta kepada Allah SWT, Insya Allah semua doa yang kita mohonkan itu, bisa membentengi hati untuk tidak berbuat syirik, dengki kepada orang lain. Karena rizki, jodoh, pati atau umur, semua sudah diatur oleh Allah SWT.

    Nikmat lainnya setelah salat subuh yang dialami penulis antara lain untuk kesehatan badan terasa segar. Tidak usah harus jauh-jauh dulu misal olahraga gerak jalan,yang dirasakan penulis, setelah tidur kemudian sholat sunat dua rakaat, masa Allah, ketika kita ruku badan yang tadinya pegal-pegal mendadak sehat.

    Bahkan badan semakin terasa sehat ketika telah melakukan salat 4 rakaat, yakni sholat sunat 2 rakaat dan sholat subuh 2 rakaat.

    Apalagi kalau kita setelah sholat subuh, mau olahraga full jalan kaki misal luangkan waktu 1 jam, keliling alun-alun atau taman, masya Allah badan kita semakin sehat. Itu bukti nyata nikmatnya salat subuh yang penulis rasakan.

    Allah Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an Surat Al An’am ayat 60, “Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.”

    Dengan kerendahan hati, maaf penulis bukan niat mau menggurui teman dan sahabat, atau melangkahi para ulama atau ustadz yang lebih mengetahui tetang dahsyatnya makna sholat subuh.

    Melalui tulisan ini penulis mengajak, mari kita biasakan sholat subuh dengan khusu,agar sholat wajib lainnya yakni salat Dhuhur, Asyar, Magrib dan sholat Isya, semuanya bisa dilaksanakan. Semoga.

    Editor : FAHRIZAL