Prof Dr Birute Mary Galdikas Jadi Magnet TNPT Tarik Orang Terkenal di Dunia untuk Berwisata

    PANGKALAN BUN – Obyek wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), lokasinya berada disebrang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringn Barat (Kobar).

    Lokasi yang wilayahnya seluas 408.288,59 Hektare (Berdasarkan SK.Menhut No.292/Kpts/11/2011) ini telah menjadi magnet ratusan ribu turis berasal dari mencanegara.

    “Dari sekian banyak turis mancanagera, ada beberapa orang yang terkenal di dunia telah masuk ke lokasi hutan Taman Nasional Tanjung Puting untuk melihat orangutan. Dari sekian turis itu ada sejumlah bintamg senior holywood,” ungkap Prof Dr Birute Mary Galadikas saat dihubungi beritasampit.co.id, Kamis (25/7/2018).

    Menurut Birute, yang menjadi sejarah tersendiri khusus bagi dirinya, ketika mantan Presiden AS Bill Clinton berkunjung ke TNTP 20 Juli 2014.

    “Saya benar-benar sangat bangga bisa mendampingi beliau, melihat-lihat hutan dan orangutan di taman nasional tanjung puting, karena itu jarang terjadi ada mantan presiden berkunjung ke TNTP,” akui Birute dengan bangga.

    Adapun sejumlah bintang film Hollywood yang pernah berkunjung, diantaranya Yulia Robert, Harisson Ford, dan banyak lagi bintang film lainnya. Termasuk bintang film atau artis dari nasional.

    “Kalau bintang film hollywood disebutkan satu persatunya saya sudah lupa,tapi itulah magnet TNTP sampai sekarangpun setiap tahun, lebih dari seribu turis mancanegara suah berkunjung ke TNTP”,ujar Birute.

    Ditanya wartawan beritasampit.co.id siapa yang bakal meneruskan Birute untuk melanjutkan visi dan misi melestarikan kehidupan orangutan?

    Dirinya diam sebentar seraya meminta agar saling mendo’akan diberi panjang umur.

    “Oh itu pertanyaan yang bagus sekali dari Pak Maman. Kalau masalah itu nantilah yah, sekarang kita mari saling mendo’akan agar kita diberi panjang umur,” papar Birute sambil mengumbar senyum.

    (man/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan