Api Berasal dari Warnet, 9 Ruko dan 2 Rumah Ludes Terbakar

    PANGKALAN BUN – Sembilan Rumah Toko (ruko), dua buah rumah tempat tinggal yang ada di Jln. Sultan Syahril RT 7 Kelurahan Sidorejo Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (28/7) ludes terbakar akibat konselting listrik.

    Kejadian itu menyedot perhatian masyarakat yang melintas di jalan Simpang empat Sampuraga bahkan Bupati Kobar Hj Nurhidayah pun turun langsung ke lokasi.

    Lurah Sidorejo Yuda mengatakan kejadiannya pada pukul 17.30 wib dimana api bermula dari Warnet yang ada di salah satu ruko. Karena keterbatasan alat pemadam sehingga api dengan cepat merembet ke tiga rumah tempat tinggal dan satu buah toko percetakan.

    “Api berasal dari warnet begitu listrik padam tiba tiba ada percikan api, karena keterbatasan alat pemadam sehingga sulit di padaamkan dan api merembet ke ruko lainnya bahkan juga rumah tinggal dan percetakan,” kata Yuda Lurah Sidorejo.

    Sementara itu Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat meninjau kelokasi kebakaran jelang magrib, mengatakan bahwa Pemkab Kobar akan melakukan inventarisir data untuk pemberian bantuan bagi korban kebakaran.

    “Selain melakukan inventarisir, Saya juga akan panggil manajer PLN Rayon Pangkalan Bun karena dua hari berturut turut kejadian kebakaran yang terjadi di Kelurahan Sidorejo penyebabnya sama karena konselting listrik,” kata Bupati Kobar.

    Sebab tambah Bupati, pada hari Sabtu (28/7) PLN pelakukan pemadaman yang cukup lama mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 wib. Begitu listrik nyala di ada percikan di salah satu roku yang pakai untuk warnet, sehingga api dengan cepat menyebar kelainnya.

    “Pemadaman yang terlalu lama pemicu kebakaran untuk itu Saya akan panggil manajer PLN, saya juga menghimbau kepada masyarakat agar waspada sebab saat ini kita memasuki musim kemarau, jangan lengah jika ingin meninggalkan rumah,” ujar Bupati.

    Kepala Dinas Sat Pol PP dan Damkar Kobar Mejerum, mengatakan api bisa di padamkan selama dua jam, dengan dimana pihaknya telah menurunkan sembilan unit Damkar. Dan ada juga bantuan dari PT Korindo sebanyak dua unit serta satu unit rantis dari Polres Kobar.

    “Berdasarkan dilapangan akibat kebakaran itu 2 buah rumah rusak berat milik H. Muin dan Uni, serta sembilan tempat usaha / ruko pun mengalami rusak berat dan satu unit mobil pick pun ikut terbakar,” terang Majerum.

    Dan Minggu (29/7/2016) sekira Pukul 09.30 Wib rombongan Tim dari Polres Kobar mendatangi reruntuhan bekas kebakaran, untuk melakukan olah TKP.

    (Man/Beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT