PT Astra Agro Lestari, Diusianya Ke-30 Banyak Membantu Pembangunan di Kabupaten Kobar

    Opini : Maman Wiharja (Wartawan Beritasampit.co.id)

    SEBENTAR LAGI PT Astra Agro Lestari Tbk bakal Ulang Tahun yang ke 30 (tanggal 3 Oktober 1988 – 3 Oktober 2018). Tanggal ulang tahunnya sama dengan lahirnya Kabupaten Kobar, pada tanggal 3 Oktober 1959. Jadi nanti pada 3 Oktober 2018, PT Astra Agro Lestari dan Kabupaten Kobar, sama-sama merayakan hari jadinya.

    Sejak PT Astra menanamkan invesnya sekitar tahun 1992, kini setelah 26 tahun di Kabupaten Kobar, pada usianya yang 30 tahun melalui proram CSR-nya telah banyak membantu pembangunan di Kabupaten Kobar, yang meliputi pembangunan pemberdayaan ekonomi msyarakat, pendidikan, kesehatan dan lingkungan yang meliputi pengembangan Budaya, Pertanian serta Peternakan.

    Selama 26 tahun PT Astra Agro Lestari (AAL) di Kabupaten Kobar, dari sekian banyak kontribus yang telah dirasakan masyarakat desa, ada salahsatu kontribusi yang paling ‘spetakuler’ untuk pemerintah dan masyarakat Kobar, antara lain melalui konsorsium PT AAL telah membuka pembangunan jalan desa sepanjang 33 Km di Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kobar.

    Juga berhasil mengembangkan program integrasi Sawit-Sapi dan untuk mendukung kelanjutan program integrasi sawit-sapi, PT AAL tahun 2016 telah mendatangkan sekitar 2.000 sapi Brahma dari Australia, juga perlu diketahui PT AAL secara rutin setiap tahun, mengundang para awak media Kabupaten Kobar dan Lamandau, untuk buka puasa bersama.

    Dalam pengembangan budaya lokal, PT AAL setiap tahun ikut berkiprah menggelar Seni Budaya Adat Dayak Tomun. Dan pada acara HUT Provinsi Kalteng, yang digelar di Kota Sampit, 23 Mei 2017, PT AAL meraih Penghargaan Anugrah Kencana Tingkat Provinsi Kalteng.

    Penganugrahan Kencana, kata Suryono selaku Comunity Development Officer (CDO) PT GSDI-GSYM, (Humas) PT GSDI dan PT GSYM, karena group PT AAL telah berhasil meraih sejumlah juara, antara lain jura 1 Bina Keluarga Balita Holistik Interaktif (BKB HI), 2 Program Keluarga Berencana (KB) Perusahaan dan 3 Pusat Konseling Remaja (PIK R). Itulah penulis sedikit mengulas sejumlah kontribusi dan prestasu PT AAL.

    (Maman Wiharja).