400 Siswa SMPN 1 Katingan Hilir Jalani Vaksin Campak dan Rubella

    KASONGAN – Sebanyak 400 orang siswa SMPN 1 Katingan Hilir dilakukan imunisasi vaksin Measles atau Campak dan Rubella (MR) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan melalui UPTD Kecamatan Katingan, Puskesmas Kasongan, Rabu (1/8/2018).

    Kepala Dinas Kesehatan Katingan Robertus Pamuryanto mengatakan, program ini tidak lain sebagai antisipasi terjangkitnya penyakit campak dan rubella pada anak usia 6 bulan sampai kurang dari15 tahun.

    Oleh sebab itulah Indonesia khusus Kabupaten Katingan telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian Rubella (Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2020, salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melaksanakan imunisasi MR.

    Menurutnya, dikatakan bahwa penyakit “Measles” ini dalam bahasa Indonesia adalah “Campak”, kalau bahasa dayaknya “Krumut”. Jadi bagi masyarakat di Katingan tidak asing lagi dengan bahas Krumut ini.

    “Campak ini memang sudah dilaksanakan dari imunisasi dasar sejak dulu. Kenapa kita laksanakan untuk anak-anak di atas 6 bulan sampai 15 tahun, karena dalam rangka sweeping atau tindakan yang tidak semestinya supaya nantinya anak-anak bisa terbebas minimal mengurangi sampai kecil-kecilnya virus campak ini, ” terangnya.

    Kemudian, menurutnya, virus rubella ini imunisasi baru. karena memang kasus robella ini memang belum terlalu banyak di indonesia.

    “Tetapi rupanya ini sangat berbahaya begitu ada ibu hamil yang terkena rubella, sebab itu bisa membuat seorang ibu yang hamil besar atau bayinya lahir cacat. Oleh karena itu, waalupun ini sangat jarang tetap kita harus berantas, karena ini juga berbahaya,” pungkasnya.

    Semenyara itu, Camat Katingan Hilir Ardiansyah berharap, dalam pemberian imunisasi MR kepada 400 siswa ini agar tidak ada satupun yang tertinggal untuk diimuniasi. Kerena ini merupakan pemberian kekebalan terhadap serangan virus yang akan membahayakan kesehatan masyarakat khsususnya anak-anak usia 6 bulan ke atas.

    “Oleh sabab itulah pemerintah sudah memprogramkan ini agar anak-anak kita selalu sehat tidak terserang dengan mudah oleh virus. Dengan diberikannya vaksin ini mereka bisa kebal terhadap penyakit menular dan selalu sehat,” terangnya.

    Di tempat yang sama, perwakilan Kepala SMPN 1 Katingan Hilir Agus Hartoyo mengatakan, bahwa pihak sekolah sangat mendukung dengan adanya kegiatan pencanangan imuniasi terhadap 400 orang siswa SMPN 1 Katingan Hilir ini.

    “Maka dengan adanya imunisasi MR ini adalah buntuk memutus mata rantai virus campak dan rubella di masyarakat, jadi siswa-siswi harus tau itu. Sehingga pada hari ini kami mewakili kepala sekolah dan mewakili semua siswa yang ada disini sangat mendukung dengan program ini,” singkatnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan