Musdes RKPDes 2019 Ujung Pandaran Prioritaskan 6 Item Program PKT

1747

SAMPIT – Musyawarah Desa (Musdes) dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) 2019 Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), memprioritaskan 6 item program Padat Karya Tunai (PKT) berlangsung di Balai desa, Selasa (31/7/2018).

Rapat dimulai pukul 10.00 – 13.30 WIB berjalan cukup alot, banyak usulan – usulan yang disampaikan dalam RKPDes 2019 tersebut. Dari usulan kelompok atau bidang masing-masing ditampung sehingga menyimpulkan sebanyak 4 bidang prioritas yakni, Program PKT, bidang Kesehatan, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat /PKK yang masuk draf RKPDes 2019.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ujung Pandaran, Kandri Ependy mengatakan, “hari ini kita melaksanakan Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan RKPDes 2019 mengacu pada RPJMDes yang disusun kemaren. jadi kita memilah draf usulan ini kembali,” tandasnya dihadapan semua undangan yang hadir.

Lanjutnya, draf usulan priotas ini tidak baku. Jadi jika ada usulan yang lebih prioritas atau lebih mendesak lagi silahkan sampaikan dalam forum rapat untuk di musyawarahkan,” katanya menyampaikan pada rapat tersebut.

Baca Juga:   RKPDes 2019 Desa Sei Ijum Raya Sepakati 9 Prioritas Pembangunan

Sementara itu kades Ujung Pandaran, Aswin Nur menambahkan, Musdes RKPDes 2019 merupakan acuan dari RPJMdes yang lalu. Melalui hasil draf usulan musdes inilah nanti pembangunan 2019 akan di laksanakan.

“Terima kasih kepada BPD beserta anggotanya. Juga kepada para pendamping desa yang kerja maksimal membimbing dan menjadikan desa Ujung Pandaran menjadi lebih maju,” pujinya.

Kemudian pada rapat Musdes itu pula dibacakan beberapa program Padat Karya Tunai (PKT) yang memprioritaskan 6 item pembangunan yakni, pertama, Dermaga Kalap Cabang di RT 06 Dusun Kalap. Kedua, Dermaga prahu nelayan Relokasi RT 03. Ketiga, Pembangunan Jalan Baru di RT 04. Ke empat, Rehab irigasi lanjutan Sei Paradah di RT 04. Kelima, pembangunan Jalan Baru samping lapangan sepak bola RT 03 dan keenam, penimbunan Lapangan Sepak bola RT 03.

Termasuk beberpa usulan yang sangat alot ketika pembahasan terhadap bidang-bidang lainnya yang menginginkan untuk semua bisa terakomodir. Melalui argumen panjang itu, akhirnya menyimpulkan draf usulan prioritas baru yakni, Bidang Kesehatan mendapat tiga item usulan diantaranya, pembangunan gedung posyandu Kalap Paseban RT 06, gedung Lansia RT 03 dan mobil Ambulan desa. Bidang pendidikan yakni, mebeler TK, Komputer serta Printer, perbaikan kunci pintu plus jendela, toilet, profil tank, sumur bor plus mesin air. Bidang pemberdayaan atau PKK yakni, pelatihan dan permodalan.

Baca Juga:   Delapan KUB MHS Pelatihan Pengolahan Hasil Ikan Si Jura

Hadir dalam Musdes itu, Camat Teluk Sampit, Drs Samsurijal M.SI, Kapospol Bripka R Pasaribu, Kasi PMD Kecamatan, Sugito,SE, Pendamping Tekhnik, Sarah, ST, Pendamping Desa, Sri Rezeki Togatorop, pendamping PKH, Julpikar, Kepala Puskesmas, Aulia Rahman, Sejumlah Kepala Sekolah, PKK, LPMD, Karang Taruna, Tokoh Agama, Masyarakat dan Adat.

(mar/beritasampit.co.id)

EDITOR : MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments