Benarkah Hasil Polling di StrawPoll.com Tidak Akurat?

    PALANGKA RAYA – Menjelang pemilihan legislatif saat ini, tampaknya berbagai cara dilakukan oleh para calon anggota legislatif untuk mendongkrak popularitas atau sekedar ingin tahu berapa banyak konstituen yang mendukungnya.

    Salah satu yang sedang trend saat ini yakni melakukan polling. Adalah dengan menggunakan aplikasi dari StrawPoll.com yang tersedia di internet. Aplikasi ini tersedia sejak tahun 2014 yang lalu.

    StrawPoll adalah layanan pembuatan poll online yang mudah, ringkas, cepat disertai statistik yang informatif. Bisa dijadikan pilihan saat membutuhkan fungsi semacam ini di internet untuk mengumpulkan data.

    Untuk pengumpulan hasil polling tersebut melalui media sosial seperti WA, Facebook hingga Twitter yang dapat dilihat oleh semua orang di manapun dan kapan pun.

    Namun Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah, Hanif Yahya mengatakan bahwa hasil polling yang berasal dari StwlrawPoll.com belum dapat dijadikan patokan yang dapat menghasilkan suatu kesimpulan dalam jajak pendapat/survey.

    Karena masih terdapat banyak kekurangan dalam polling tersebut diantaranya tidak memenuhi unsur-unsur suatu survey atau jajak pendapat yang biasa dilakukan oleh suatu lembaga survey politik misalnya.

    “Untuk mendapatkan data yang valid tidak hanya dengan melakukan polling saja, namun ada beberapa hal yang diperhatikan seperti cakupan wilayah survey, sampel dan metode pengambilan data,” ucapnya, Kamis (2/8/2018) di kantor BPS Kalteng.

    Namun dia menilai, meskipun polling melalui situs tersebut masih jauh dari hasil suatu survey yang sesuai dengan kaidah yang berlaku setidaknya hal tersebut bisa menjadi salah satu indikator.

    Dengan adanya polling melalui situs StrawPoll.com tersebut setidaknya para calon anggota legislatif dapat melakukan pendekatan-pendekatan politik dalam suksesi momentum pileg 2019 nanti.

    (apr/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan