KAMMI Kalteng Deklarasikan Relawan Kebhinekaan Indonesia

    PALANGKA RAYA – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Tengah mendeklarasikan Relawan Kebhinekaan Indonesia (RKI) di Tugu Soekarno Palangka Raya. Selasa, (7/8/2018) tepatnya pada pukul 15.30 yang berakhir sekitar 17.00 WIB.

    Pada aksi tersebut diikuti oleh kader KAMMI dan puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas yang ada di Palangka Raya.

    Kegiatan tersebut diawali dengan tilawah Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hymne KAMMI, orasi pemuda, deklarasi RKI dan penutupan.

    Hasan Anwar Ketua Umum PD KAMMI Palangka Raya menyampaikan jika belakangan ini adanya ancaman terhadap rasa bhineka tunggal ika sesama anak bangsa yang dilakukan secara gencar dan masif baik melalui media sosial maupun secara langsung demi tercapainya kepentingan kalangan tertentu.

    “Kebhinekaan sebagai pondasi bangsa Indonesia dicabik-cabik dengan perilaku mengkotak-kotakan masyarakat berdasar agama dan ras. Mirisnya, mengatasnamakan agama untuk memecah belah anak bangsa. Beragam peristiwa memicu keresahan. Masih ada pihak yang menyulut kemarahan atau minimal menyebar ketakutan masyarakat. Akhirnya, mereka meninggalkan akar bersatunya rakyat yaitu kemajemukan alias keberagaman.” Kata Hasan.

    Oleh karena itu ia menyampaikan harus dibangun kesadaran bersama, anak-anak bangsa generasi muda harus semakin erat dalam persaudaraan karena bangsa Indonesia dibangun oleh yang namanya perbedaan dan keberagaman, namun sama dalam hal cita-cita akan Indonesia sejahtera dan jaya.

    Melalui Relawan Kebhinekaan Indonesia itulah diharapkan dapat mewujudkan hal tersebut di Indonesia khususnya Kalimantan Tengah bumi tambun bungai.

    Sementara itu Muhlisin Ketua Kebijakan Publik KAMMI dalam orasinya menyampaikan bahwa paling tidak ada tiga hal yang harus dilakukan anak muda sebagai generasi bangsa untuk mejaga rasa bhineka tunggal ika di dalam hatinya sehingga tidak mudah goyah terpecah belah yaitu dengan memahami kembali sejarah berdirinya Indonesia, meningkatkan rasa cinta terhadap negeri ini dan setia berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945.

    Sebelumnya deklarasi RKI ini juga dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia seperti Banten, NTT, Sulawesi Utara dan DKI Jakarta.

    (KAMMI Kalteng for beritasampit.co.id)