Manfaatkan Dana Desa, Ratuasan Tangki Air Disiapkan Untuk Antisipasi Kekeringan di Penyaguan

587
Penyerahan : tahap 2  diserahkan oleh kades penyaguan, sekdes penyaguan dan pelaksana kegiatan perwakilan RT dan RW

SAMPIT – Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2018, Desa Penyaguan, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam penggunaan Dana Desa (DD) memprioritaskan tangki air atau sering disebut Profil Tank untuk penyimpanan air bersih bagi warga setempat.

Melalui kesepakatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun 2017 lalu. Sebagaimana tertuang dalam APBDes 2018, penyaluran Profil Tank 1200 liter tahap kedua sebanyak 60 buah.

Sebelumnya juga, pada tahap pertama yang digelar pada Juni 2018 lalu, pihak desa telah menyerahkan sedikitnya 90 tangki air.

Jadi saat ini pemerintah desa Penyaguan telah memberikan sedikitnya 150 buah tangki air kepada masyarakat sekitar.

Adapun rincian penyaluran Profil Tank 1200 liter tahap kedua diserahkan kepada RT 01 RW 01 sebanyak 4 penerima, RT 02 RW 01 sebanyak 14 penerima, RT 03 RW 01 sebanyak 6 penerima, RT 04 RW 02 sebanyak 11 penerima, RT 05 RW 02 sebanyak 9 penerima dan RT 06 RW 02 sebanyak 16 penerima.

Baca Juga:   Jembatan Menuju Kantor Desa Regei Lestari Akan Segera Dibangun

Penyerahan profil tank tahap kedua secara simbolis dilakukan oleh Kepala Desa Penyaguan Abdul Nasir bersama Pelaksana Kegiatan Supianur dari Kaur Pembangunan Desa Penyaguan dan Ketua RT 01 sampai dengan Ketua RT 06 Desa Penyaguan Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Ada sebanyak 60 buah profil tank untuk penyaluran tahap kedua yang kita serahkan kepada masing-masing perwakilan anggota penerimanya,” sebut Abdul Nasir. Rabu (8/8/2018).

Dikatakannya, pemberian profil tank ini disalurkan karena mengingat mulai memasuki musim kemarau yang mana sering akan kekurangan air bersih karena persediaan wadah atau tempat yang terbatas.

Dia juga meminta kepada warga yang menerima bantuan tersenut untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Baca Juga:   Sebanyak 78 Unit BSPS Kementerian PUPR di Desa Serambut Sudah Terealisasikan

Sementara itu, Pelaksana Kegiatan Desa Penyaguan, Supianur mengingatkan, wilayah mereka sudah tiga minggu ini tidak ada turun hujan. Untuk itu, pesan Kepala Desa Penyaguan dan Pelaksana Kegiatan berharap, pergunakanlah profil tank air yang telah dibagikan agar mengisikan persiapan akan air bersih. Kemudian jangan sampai bantuan ini diperjualbelikan dan dipindahtangankan.

“Saya mengharapkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Agar menghadapi musim kemarau ini persediaan air desa kita tidak kesulitan lagi,” ungkap Kepala Desa Penyaguan dan Pelaksana Kegiatan Desa

(jmy/beritasampit.co.id)

Editor: FAHRIZAL

Komentar Facebook

comments