Human Error Penyebab Laka Lantas di Kotim, Begini Saran Anggota Dewan

87
Anggota DPRD Kotim, Sutik.

SAMPIT- Kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan nyawa melayang masih sering terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Penyebab kecelakaan tersebut dinilai karena tingkat kelalaian pengendara (human error) masih tinggi.

Hal ini seperti yang disampaikan anggota Komisi III DPRD Kotim Sutik, Jumat (10/8/2018).

Menurutnya, human error masih terlihat dari proses penindakan aparat kepolisian, yang mana didapati masih terjadinya beberapa dugaan pelanggaran yang disebabkan oleh kelalaian sang pengendara.

“Baik pelaku maupun korban, dalam halnya kecelakaan jelas tidak disengaja, karena pada dasarnya spontan, jadi kelalaian atau human error masih menjadi penyebabnya, masih banyak yang seperti itu,” ungkapnya.

Baca Juga:   Wakil Ketua DPRD Kotim Sesalkan Hasil Voting Pada Rapat Kompilasi

Sutik meminta agar aparat kepolisian juga melakukan evaluasi bekerjasama dengan Dinas Perhubungan terkait proses sosialisasi yang sejatinya hanya terjadi di beberapa wilayah atau titik tertentu hingga saat ini.

“Kita harus mulai masuk sosialisasi hingga ke tingkat desa, manfaatkan polisi desa yang ada, kerjasama dengan pemerintah desa, ini yang paling penting untuk dilakukan,” urainya.

Bahkan, legislator partai Gerindra ini meminta agar pihak kepolisian bisa juga memberikan pelayanan falsilitas lebih, baik menyangkut administrasi kendaraan hingga sampai pada alat atau bahan keamanannya saat berkendara.

Baca Juga:   Harusnya Pembangunan Jalan Dalam Kota Sampit Sudah Merata

“Para pengendara di desa-desa kita ketahui masih ada yang tidak punya SIM, surat kendaraan pada mati, dan bahkan tidak dilengkapi dengan kelengpakan fisik-fisik kendaraan seperti lampu sorot atau lainnya,” tukas Sutik.

(drm/beritasampit.co.id)

Editor : Irfan

Komentar Facebook

comments