‘Hantu Api’ Mulai Menyerang Hutan dan Lahan Sukamara

    SUKAMARA – Dalam sepekan terakhir, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Sukamara terus meningkat. Tercatat ada 14 titik api atau lokasi kebakaran lahan di dalam Kota Sukamara.

    Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Sukamara Iwan Miraza mengatakan, bahwa pihaknya harus berjibaku melawan api yang membakar lahan kosong agar api tidak menjalar.

    “Yang kita padamkam untuk Karhutla dalam minggu ini saja sekitar 14 titip api, itu hanua seputaran Kota Sukamara saja dan semuanya kebakaran lahan,” terang Iwan Moraza, Senin (13/8/2018).

    Iwan mengaku bingung dengan banyaknya kejadian kebakaran lahan dalam seminggu terakhir ini, selain itu dalam sehari bisa muncul hingga tiga titik api.

    “Kami juga heran kok sering terjadi kebakaran lahan dan mulai banhak titik api khususnya kebakaran lahan, sehari bisa sampai 3 titik itu hanya diseputaran dalam kota Sukamara saja,” terang Iwan.

    Menurutnya, banyaknya kejadian kebakaran lahan kosong diakibatkan cuaca panas saat musim kemarau, selain itu lahan kosong juga banyak terdapat rumput kering yang mudab terbakar.

    “Yang pasti iklim sedang panas karena kemarau ditambah lagi lahan padang rumput yang luas mudah terbakar,” tukas Iwan.

    (enn/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan